Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Kamis 26 Januari 2023, Berani Menderita Karena Injil

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Berani Menderita Karena Injil.

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
RENUNGAN - RP. Markus Tulu SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk Kamis 26 Januari 2023 dengan judul Berani Menderita Karena Injil. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Berani Menderita Karena Injil.

RP. Markus Tulu menulis Renungan Harian Katolik ini merujuk bacaan pertama dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Timotius 1: 1-8; dan bacaan Injil Lukas 10: 1-9; Peringatan Santo Timotius dan Titus.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Kamis 26 Januari 2023 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

 

Pada hari Peringatan Santo Timotius dan Titus, Uskup, kita orang-orang beriman diminta untuk merenungkan kata-kata Paulus rasul yang mau meneguhkan Timotius yakni, "Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Karena itu janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita, dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia. Berkat kekuatan Allah, ikutlah menderita karena Injil-Nya."

Pesan ini terasa begitu mulia bagi kebanyakan orang yang hidup saleh dan benar. Memang tidak mudah untuk berani menderita karena Injil Allah.

Hal ini hanya bisa menjadi kenyataan jika memang Allah sendiri berkenan atasnya.

Bagi kita orang-orang beriman diminta untuk berani memberikan kesaksian tentang Yesus dan tentang orang-orang utusan Allah yang telah menjadi teladan dalam soal iman yakni ditangkap dan dipenjara seperti Paulus.

Kita tentu mengenal siapa itu Paulus. Meskipun dahulu dia adalah orang yang anti Kristus, tapi kemudian dia ditangkap oleh Kristus dan bertobat.

Dialah Paulus rasul yang sekarang kita kenal sebagai yang sangat mencintai Kristus dan mau mati karena Kristus.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 25 Januari 2023, Jangan Gentar Mewartakan Yesus

Kita orang-orang beriman hendaknya membuka hati dan membangun hidup meneladani rasul Paulus, seorang rasul ulung itu.

Menarik bahwa meskipun mengetahui betapa menderitanya hidup sebagai orang-orang utusan Allah, tapi Timotius dan Titus tetap terpanggil oleh kekuatan Allah untuk bersaksi tentang Yesus.

Karena bagi mereka panggilan pelayanan adalah kesempatan yang Tuhan sendiri anugerahkan kepada kita.

Kita juga tentu menyadari bahwa di dunia dewasa ini umat Tuhan semakin menyadari bahwa oleh kemajuan zaman dan cepatnya terjadi perubahan, maka dirasakan seperti yang Yesus sendiri katakan, "Tuaian memang banyak, tapi pekerja sedikit."

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved