Berita Manggarai Timur

Pemkab Manggarai Timur Beri Pelatihan Keterampilan Kerja Bagi 895 THL

Penyelenggaraan Pelatihan ini merupakan bagian integral dari upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Manggarai Timur.

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
PEMBUKAAN - Wakil Bupati Manggarai Timur Siprianus Habur sedang membuka kegiatan pelatihan manajemen wirausaha, gambar diambil, Rabu 25 Januari 2023. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Pemerintah Kabupaten / Pemkab Manggarai Timur melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Manggarai Timur melaksanakan pelatihan kerja bagi para Tenaga Harian Lepas (THL) yang tidak diperpanjang masa kontraknya pada Tahun 2023.

Pembukaan pelatihan dimulai dari Pelatihan Manajemen Kewirausahaan yang berlangsung di Aula Hotel Embun Pagi Borong, Rabu 25 Januari 2023.

Pembukaan pelatihan ini dibuka oleh Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur

Hadir dalam kesempatan itu, Pimpinan Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan sejumlah pimpinan Perangkat Daerah. 

Baca juga: Ini Jumlah Anggota PPS yang Dilantik KPU Manggarai Timur

Dalam sambutan Wabup Siprianus Habur, menyampaikan selamat, terima kasih, dan penghargaan kepada para Tenaga Harian Lepas Kabupaten Manggarai Timur atas peran sertanya dalam proses pembangunan di Kabupaten Manggarai Timur sampai dengan saat ini.

Menurut Wabup Siprianus, penyelenggaraan Pelatihan ini merupakan bagian integral dari upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Manggarai Timur, karena  akan mempersiapkan tenaga-tenaga kerja usia produktif menjadi individu-individu yang memiliki keterampilan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja dan dunia kewirausahaan. 

Kegiatan ini juga mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yakni misi meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan keterampilan, serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat. 

Pembangunan sektor ketenagakerjaan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional untuk mewujudkan masyarakat sejahtera, adil dan makmur baik material maupun spiritual melalui peningkatan kualitas serta potensi tenaga kerja yang professional serta produktif.

Baca juga: Ratusan Guru Bahasa Inggris Jenjang SMP di Manggarai Timur Ikut MGMP

Selain itu, pembangunan ketenagakerjaan juga harus mampu menghadapi tantangan globalisasi yang sarat dengan persaingan serta diimbangi dengan daya saing yang tinggi tak terkecuali bagi kualitas tenaga kerja Daerah.

Wabup Siprianus juga menerangkan, angkatan Kerja Kabupaten Manggarai Timur tercatat sebanyak 163.333 orang yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Timur. Dari jumlah tersebut, tercatat sejak 2019 sampai tahun 2022 sebanyak 909 orang (0,56 persen) yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan keterampilan. 

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur terus akan berupaya untuk memperluas cakupan para tenaga kerja yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan keterampilan baik yang diselenggarakan oleh BLK Komunitas, Lembaga Pelatihan Kerja maupun Lembaga Pemerintah di Kabupaten ini.

Wabup Siprianus juga meminta kepada Dinas Perindagkop dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manggarai Timur untuk terus membimbing dan membina para peserta pasca pelatihan ini agar kemitraaan yang terjalin baik akan menghasilkan tenaga kerja yang unggul dan produktif.

Wabup Siprianus mengharapkan, kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan dengan serius sehingga dapat diterapkan dengan baik pada usaha mereka masing-masing. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved