Berita Alor

Cuaca Berangsur Normal, Harga Ikan di Kalabahi Fluktuatif

Cuaca di Kabupaten Alor berangsur normal, namun tidak berpengaruh terhadap harga ikan di Kalabahi, Kabupaten Alor

Editor: Oby Lewanmeru
POS-KUPANG.COM/ELSE NAGO
FLUKTUATIF - Harga ikan di Pasar Inpres Kalabahi, Kabupaten Alor masih fluktuatif hingga Senin 23 Januari 2023. Sementara cuaca di kabupaten Alor kini berangsur normal. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Else Nago

POS-KUPANG.COM, KALABAHI - Cuaca di Kabupaten Alor saat ini berangsur normal, namun tidak berpengaruh terhadap harga ikan di Kalabahi, Kabupaten Alor.

Memasuki minggu kedua di bulan Januari cuaca tampak cerah, dan nelayan mulai kembali melaut. Meski demikian harga ikan masih tetap fkluktuatif.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Senin 23 Januari 2023, harga ikan di Kalabahi selalu fluktuatif.

Ikan Kombong padi atau yang dikenal warga Kalabahi dengan ikan belo-belo dijual seharga Rp 20.000 perempat ekor yang berukuran sedang. 

Baca juga: Cuaca Buruk Picu Harga Ikan Melonjak, Lapak Ikan di Inpres Kalabahi Sepi

Kombong padi berukuran kecil dijual 5 ekor Rp 20.000. Ikan Nipis ukuran kecil satu kumpul berisi 12 ekor dijual seharga Rp 10.000.

Ikan jere basah berukuran kelingking orang dewasa dijual satu kumpul seharga Rp 20.000.

Ikan cakalang 1 ekor beratnya 1,5 Kg dijual seharga Rp 50.000.

Farida salah seorang penjual ikan di pasar Kalabahi mengatakan penjual lebih memilih menjual dengan harga saat musim hujan.

"Memang cuaca kembali normal, tetapi belum bisa dipastikan berlangsung berapa lama jadi ada ikan yang kami jualnya masih dengan harga ketika musim hujan," ujar Farida.

Farida mengaku bahwa harga ikan selain tergantung jenis, juga tergantung minat pembeli.

"Sebenarnya rugi kalau harga turun. Tetapi biasanya sore banyak penjual yang memilih menurunkan harga biar cepat laku. Kita ini tinggal di pesisir pembeli yang datang juga hampir semuanya bisa membedakan ikan baru dan lama," kata Farida sambil tertawa.

"Ikan laut dalam harganya lebih maha. Karena nelayan tangkapnya di arus. Arus di perairan Alor ini bukan main-main, banyak yang tenggelam. Biasa ikan yang enak-enak jaringanya di pusara arus," ujar Bibi, penjual ikan lainnya.

Ikan yang dijual Bibi terdiri dari ikan Kakap Merah berukuran 1,5 Kg per ekor seharga Rp 100.000, ikan Ekor Kuning berukuran sedang 2 ekor Rp 35.000.

Baca juga: Imbas Cuaca Buruk, Harga Ikan di Kupang Melambung Tinggi

Sedangkan ikan sarai (mirip ikan tongkol) dijual seharga 1 ekor Rp 15.000 namun bisa ditawar menjadi Rp 10.000 per ekor.
Sementara itu cumi-cumi ukuran kecil dijual 4 ekor Rp 20.000 untuk ukuran besar 3 ekor Rp 20.000.

Salah seorang pembeli ikan bernama Dian mengatakan dirinya terpaksa membeli ikan Cakalang karena murah dan bisa dipotong untuk jumlah yang banyak.

"Sebenarnya Cakalang tidak terlalu enak kalau bakar, untuk ukuran kami masyarakat pantai. Tetapi yang makan banyak orang jadi terpaksa beli ikan ini. Ini sebentar kalau goreng minyak hitam semua," kata Dian.

Faridah dan Bibi tidak tahu sampai kapan harga ikan tidak menentu, yang pasti selama tangan pertama menjual dengan harga mahal, maka mereka pun ikut menjual dengan harga mahal.  (cr19)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved