Unwira Kupang

Unwira Kupang Jadikan Santo Arnoldus Janssen Sumber Inspirasi

Pater Dr. Philipus Tule, SVD mengatakan,lembaga UNWIRA akan menjadikan Santo Arnoldus Janssen sebagai sumber inspirasi

Editor: Oby Lewanmeru
POS-KUPANG.COM/ELISABERH EKLESIA MEI
SEMINAR - Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD pose bersama di sela-sela seminar revitalisasi Spiritualitas Santo Arnoldus Janssen yang berlangsung di Gedung Rektorat Unwira Kupang Lantai IV, Selasa 10 Januari 2023. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Elisabeth Eklesia Mei

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Rektor Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD menyampaikan bahwa lembaga UNWIRA akan menjadikan Santo Arnoldus Janssen sebagai sumber inspirasi dalam semua kegiatan.

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD dalam kegiatan seminar revitalisasi Spiritualitas Santo Arnoldus Janssen yang berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang lantai IV,  Selasa 10 Januari 2023.

Baca juga: Rektor Unwira Kupang Lantik 44 Pejabat Struktural

Melalui sambutannya itu, Di awal kegiatan, Pater Dr. Philipus mengatakan bahwa lembaga UNWIRA akan menjadikan Santo Arnoldus Janssen sebagai sumber inspirasi dalam semua kegiatan baik akademik, non akademik, rohani, dan juga jasmani.

Selain itu, Pater Philipus juga menyampaikan bahwa di Tengah kampus UNWIRA terdapat patung Santo Arnoldus Janssen.

"Ada patung Santo Arnoldus Jansen yg berdiri kokoh di Tengah kampus kita. Saya rasa, ada banyak yg mengenalnya, tetapi ada juga yg belum mengenal Santo ini dengan baik. Saya sendiri kadang2 lupa tentang Spiritualitas Santo Arnoldus Jansen," kata Pater Philipus.

Baca juga: Rektor Unwira Kupang:Tokoh Pahlawan Frans Seda Sebagai Tokoh Inspiratif Bagi Mahasiswa

Pater Philipus menjelaskan bahwa St. Arnoldus Janssen bukan hanya milik SVD, tetapi milik semua agama dan bangsa di dunia.

"Dengan prolog injil Yohanes, St. Arnoldus Janssen menjadi milik semua bangsa di dunia," ucapnya.

Igo salah satu mahasiswa yang mengikuti seminar ini mengatakan, hal yang menarik dari Santo Arnoldus Janssen ialah  bahwasannya, Ia merupakan Santo yang berserikat dalam kaum-kaum yang kurang mampu.

"Santo Arnoldus mengajarkan orang untuk berkaul kepada orang miskin. Jadi ini perlu juga untuk kita ikuti dalam kehidupan," kata Igo.

Baca juga: Unwira Kupang Bangun Kerja Sama Internasional dengan SMK Timor Leste

Salah satu contoh yang bisa diambil dari Santo Arnoldus Jansen, lanjut Igo ialah misalnya  yang paling umum yang dijelaskan tadi yaitu di dalam lingkungan kampus itu seharusnya mahasiswa tidak merokok sembarangan.

Elton, mahasiswa lainnya yang menjadi peserta seminar mengatakan, Santo Arnoldus Janssen merupakan seseorang yang memiliki kepribadian yang unik. Karena Santo Arnoldus Janssen memiliki kepribadian yang konsisten dan tekun.

"Hal yang menjadi inspirasi bagi saya dari Santo Arnoldus Janssen yaitu sikap konsisten dan ketekunan yang dimilikinya. Karena walaupun tidak memiliki apa-apa, Ia tetap bisa mendirikan seminar di Jerman,"kata Elton.

Baca juga: Unwira Kupang, Rektor Lepas Pegawai Magang Institut Filsafat Teologia Timor Leste 

Elton berharap, dari pengenalan diri Santo Arnoldus Jansen, mahasiswa bisa menjiwai dan menerapkan apa yang dilakukan oleh Arnoldus Janssen.

Adapun yang menjadi pembawa materi atau pembicara dalam seminar ini yaitu Pater Dr. Petrus Dori Ongen, SVD selaku Dosen Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero dan pembicara dua yaitu Pater Dr. Stefanus Lio, SVD selaku Dosen FKIP UNWIRA.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh Rektor UNWIRA, pemateri, Para Dosen, mahasiswa dan singkatnya seluruh civitas akademik kampus UNWIRA.  (cr20)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved