Kota Kupang

Dana Kelurahan di Kota Kupang Harus Untuk Kebutuhan Masyarakat Setempat

Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Ewalde Taek berharap agar dana spesifik grand bisa digunakan seusai peruntukannya. 

Editor: Rosalina Woso
KOMPAS.COM
Ilustrasi rupiah 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - DPRD Kota Kupang mengingatkan Pemerintah Kota, khsususnya pihak kelurahan agar menggunakan dana kelurahan sesuai dengan kebutuhan warga setempat. 

Ketua Komisi II DPRD, Diana Bire, Senin 9 Januari 2023, menyebut dana itu bisa digunakan secara luas bagi masyarakat setempat, dengan penggunaan sebaik-baiknya. 

"Dengan berkoordinasi dengan masyarakat. Apa saja yang dibutuhkan dan dilaksanakan dengan anggaran tersebut, misalnya menginginkan jalan setapak atau lainnya yang urgent," jelasnya.

Baca juga: Sampah di Kawasan Pantai, Kadis DLHK Kota Kupang: Tanggungjawab Bersama

 Semua anggaran itu menurutnya harus benar-benar dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat. Ia mengaku DPRD pasti akan melakukan pengawasan yang lebih intens terhadap penggunaan anggaran ini. 

Politisi Hanura itu juga mengaku, dirinya tidak mengetahui secara pasti tentang dana kelurahan yang disebut sebagai dana spesifik grand. Sebab, lanjut dia, pada spesifik grand hanya diperuntukkan bagi sektor pendidikan, kesehatan dan PUPR. 

Diana menegaskan bahwa dana spesifik grand itu diberikan dan dikerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan pemerintah pusat. Oleh karena itu, hendaknya anggaran itu tidak digunakan pada porsi lain diluar petunjuk.

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Ewalde Taek berharap agar dana spesifik grand bisa digunakan seusai peruntukannya. 

Penggunaan anggaran, kata dia, harus sejalan dengan petunjuk teknis (juknis) atau ketentuan yang ada. Ketua PKB Kota Kupang itu menegaskan pemerintah agar tidak melenceng dari petunjuk penggunaan anggaran. 

"Memperhatikan kualitas pembangunan karena ini banyak sekali anggarannya, jangan sampai ini menjadi suatu kondisi yang menjadi 'lirikan' banyak orang. Harus dijamin mutu, kualitas pembangunannya," ujar Ewalde. 

Baca juga: KPU Kota Kupang Siap Lakukan Verifikasi Faktual Bakal Calon Anggota DPD RI

Pemerintah dan Dewan, lanjut dia, telah melakukan kesepakatan tentang pengusulan anggaran, yang menurut Ewalde merupakan bagian dari pengawasan. (Fan)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved