Berita Kupang

Pemkab Kupang Respon Cepat Lakukan Normalisasi Sungai Siumate

Kegiatan normalisasi berlansung sejak Jumat 30 Desember 2022 pagi dengan menyiagakan satu unit excavator milik Pemkab Kupang.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO-BPBD
Proses excavasi atau normalisasi sungai oleh alat berat milik Pemkab Kupang di Sungai Siumate 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Pemkab Kupang yakni BPBD Kupang langsung mengambil langkah cepat pasca terjadinya banjir bandang di sungai Siumate dengan melalukan normalisasi sungai.

Kegiatan normalisasi berlangsung sejak Jumat 30 Desember 2022 pagi dengan menyiagakan satu unit excavator milik Pemkab Kupang.

"Harapan masyarakat Desa Naitae dan Desa Tuakau Kecamatan Fatuleu Barat, akan adanya Alat Berat untuk melakukan Normalisasi Gorong-Gorong Jembatan Sungai Siumate Kecamatan Fatuleu Barat, akhirnya terjawab sudah," ungkap Kalak BOBD Kabupaten Kupang Semmy Tinenti.

Baca juga: Sungai Siumate di Fatuleu Barat Kabupaten Kupang Meluap, Puluhan Rumah Diterjang Banjir 

Hal tersebut mereka lakukan melalui koordinasi, persiapan dan mobilisasi alat berat yang panjang, sejak Kamis, 29 Desember 2022 Petang pasca banjir.

Kegiatan normalisasi itu kata dia berupa pembersihan Gorong-Gorong jembatan penyebab Banjir Di Desa Naitael dan Desa Tuakau yang terjadi pada Kamis, 29 Desemberpember 2022 Dini Hari yang lalu.

Alat berat tersebut didatangkan dari Desa Pantulan Kecamatan Sulamu.

Kepala BPBD Kabupaten Kupang, Semmy Tinenti, didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Ayub Manafe mengawasi lansung proses normalisasi tersebut.

Baca juga: BREAKING NEWS: Baru Selesai Ditimbun, Jembatan Takari Kabupaten Kupang Kembali Putus

Kata dia saat Excavator tiba masyarakat setempat yang melihat kehadiran Alat Berat, sangat antusias dan langsung spontan bergotong royong bersama Personel dari Polda NTT melakukan pembersihan di sepanjang gorong-gorong jembatan tersebut.

Bahkan, Ketua Majelis Jemaat Efata Siumate Pdt. Victor Toto yang sebelumnya sempat aktif menyuarakan perhatian terhadap masyarakat terdampak bencana di kedua desa tersebut, turut menyampaikan terima kasih atas perhatian dan respon cepat yang diberikan Pemerintah Kabupaten Kupang, melalui BPBD dan seluruh pihak yang telah memberikan bantuan bagi korban bencana.

Saat ini kata dia normalisasi sungai masih terus berlangsung dan direncanakan untuk dituntaskan hari ini. (ary)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved