Politani Kupang

Bangun Literasi Pertanian Sejak Dini, Politani Kupang Gelar Lomba Membuat Poster 

Rangkaian lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan Kampus Politani sekaligus keunggulan UPT Perpustakaan Politani, mendidik dan memberikan literasi

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG/ROSALIA ANDRELA NAGO
JUARA - Para juara lomba membuat poster diadakan oleh UPT Perpustakaan Politani Kupang menerima hadiah yang diberikan panitia dan mereka pose bersama di Kampus Poltani Kupang pada Sabtu (17/12/2022). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Rosalia Andrela Nago

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Unit Pelaksana Terpadu (UPT) Perpustakaan Politeknik Pertanian Negeri atau Politani Kupang, tampak ramai.  Hari itu, Sabtu (17/12/2022) pukul 15.00 WITA akan dilangsungkan lomba membuat poster tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Kupang.

Panitia, juri, dan sebagian peserta telah berada di lokasi lomba, namun lomba belum dimulai. Hal ini dikarenakan panitia menunggu peserta yang sudah mendaftar, hadir di lokasi lomba.

Setelah beberapa menit menunggu, panitia membuka lomba. Lomba dimulai dengan memperkenalkan juri yang hadir. Setelah itu, panitia membagikan alat tulis dan perlengkapan untuk mewarnai, seperti spidol, crayon dan pensil warna.

Peserta yang hadir berjumlah 9 orang. Dua peserta diantaranya adalah peserta yang telah mengikuti lomba di hari sebelumnya, yakni lomba bercerita.

Rangkaian lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan Kampus Politani sekaligus keunggulan UPT Perpustakaan Politani, mendidik dan memberikan literasi tentang pertanian sejak dini, sekaligus mengasah minat dan bakat peserta.

Lonceng lomba dibunyikan, pertanda lomba sudah dimulai. Panitia memberikan waktu 1 jam untuk menggambar dan mewarnai poster.

Terdapat 5 tema poster yang bisa dipilih oleh peserta. Tema tersebut adalah Lingkungan, Kehutanan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan. 

Baca juga: Politani Kupang, Bangun Literasi Sejak Dini dengan Gelar Lomba Bercerita

Peserta memilih tempat yang disediakan di dalam perpustakaan tersebut. Beberapa diantara mereka membawa perlengkapan mewarnai dan kertas menggambar sendiri.

Semua peserta ada yang sudah mulai menggambar, ada beberapa yang masih membuat coretan-coretan kecil di kertas gambarnya. Orangtua, guru, dan pendukung peserta menunggu di tempat yang telah disediakan.

Ruangan itu hening. Peserta sibuk menuangkan ide mereka dan panitia menciptakan suasana tetap kondusif.

Juri berkeliling ke tempat peserta, melihat proses pengerjaan poster. Ada beberapa peserta yang melanggar peraturan, namun segera teratasi setelah juri dan panitia memberikan teguran agar semua peserta bersikap sportif.

Waktu telah berjalan 45 menit, juri memberikan peringatan kepada peserta agar segera merampungkan posternya Banyak dari peserta yang belum selesai mewarnai bahkan ada yang belum mewarnai posternya. 

Lonceng tanda selesai membuat poster dibunyikan. Sesuai peraturan yang disepakati, juri dan panitia pengumpul karya peserta untuk dinilai. 

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved