Berita Kota Kupang

Peringatan HDI 2022, Sentra Efata Kupang Salurkan Bantuan Atensi Bagi Penyandang Disabilitas

untuk peringatan hari disabilitas internasional memiliki beberapa tema yaitu indonesia melihat, Indonesia mendengar

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/SITI SOLEHA OANGĀ 
PASIEN - Pasien katarak saat mengikuti video Conference (Vidcon) yang di adakan oleh kementrian sosial RI bertepatan di Subang Jawa Barat, Kamis 8 Desember 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Siti Soleha Oang

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dalam Rangka Memperingati Hari Disabilitas Internasional atau HDI 2022 Kementerian Sosial melalui Sentra “Efata” Kota Kupang Lakukan Penyaluran Bantuan Asistensi bagi penyandang disabilitas.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rumah sakit Kartini bertujuan untuk memenuhi Hak dan kebutuhan bagi penyandang disabilitas.

Pada momen tersebut, Sentra Efata di Kupang mengikuti video conference (Vidcon) yang diadakan oleh Kementerian Sosial RI yang penyelenggaraannya berpusat di Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. 

Baca juga: Dukung Go Green, Bank BTN Cabang Kupang Tanam 500 Bibit Pohon di Kota Kupang 

Acara tersebut mendapat sambutan dari Wakil Bupati Kabupaten Subang, Anggota Komisi VIII DPR RI, dan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI yang mewakili Ibu Menteri Sosial RI. 

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Pepen Nazaruddin mengatakan , bahwa Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2022 yang di peringati setiap tanggal 3 Desember ini di laksanakan serentak di 31 sentra di seluruh Indonesia dan merupakan peringatan yang ke-30 Tahun. 

Hal ini juga di ungkapkan Kepala Sentra Efata Kupang, Supriyono. Ia mengatakan kegiatan di adakan setiap tahun untuk memperingati hari disabilitas internasional.

“Setiap tahunnya kami mengadakan kegiatan untuk memperingati hari disabilitas internasional.  namun untuk kegiatannya berbeda setiap tahunnya,” kata Supriyono, Kamis 8 Desember 2022.

Ia mengaku, untuk peringatan hari disabilitas internasional memiliki beberapa tema yaitu indonesia melihat, Indonesia mendengar, Indonesia melangkah dan bebas pasung.

Dijelaskannya, untuk Indonesia Melihat kegiatan yang di lakukan berupa Operasi Katarak Gratis bagi 100 penderita Katarak. bekerja sama dengan Yayasan Tanpa Batas Kupang bertempat di RS Kartini di Kupang. Lalu Indonesia Mendengar yaitu pemberian bantuan 4 unit alat bantu  bagi Tunarungu. 

Baca juga: Selamat Datang Ketum Demokrat AHY di Kota Kupang

Sementara, indonesia melangkah dengan menyalurkan alat bantu bagi penyandang disabilitas yaitu kursi roda sebanyak 100 unit, Tongkat Penuntun Adaptif sebanyak 150 unit, dan Sepeda Motor roda 3 sebanyak 10 unit. Lalu terakhir  bebas pasung di targetkan 3 orang yang akan di adakan di kabupaten Malaka. 

Tambahnya, untuk Penyaluran bantuan Atensi tersebut di laksanakan bertahap mulai tanggal 3 Desember hingga 20 Desember 2022. dengan harapan dapat memenuhi hak dan memberikan kebutuhan yang berdampak positif bagi para penyandang disabilitas. (Cr18)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved