Berita Kota Kupang

Poltekes Kemenkes Kupang Gelar Expo Desuminasi Hasil Penelitian Dosen dan Desa Binaan

eknologi tepat guna dan publikasi jurnal nasional, terakreditasi, jurnal internasional maupun pada jurnal internasional bereputasi

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
SUASANA - Suasana kegiatan Expo di kampus Poltekes Kemenkes Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Poltekes Kemenkes Kupang menggelar expo atau pameran Desiminasi hasil penelitian dari para dosen dan Desa Binaan Poltekes Kemenkes Kupang ini dipamerkan dalam Expo Polkesku  2022 yang digelar di aula lantai II kampus Poltekes Kemenkes Kupang.

Selain kegiatan Expo, Poltekes Kemenkes Kupang pun menggelar acara Webinar dan penandatanganan kerjasama dengan organisasi profesi kesehatan dan stakeholder, Selasa 6 Desember 2022.

Tujuan digelar kegiatan ini untuk mendesiminasikan hasil penelitian dosen dan mahasiswa di lingkungan kampus Poltekes Kemenkes Kupang serta membangun jejaring kerjasama dengan organisasi profesi kesehatan dan stakeholder.

Baca juga: Kader Demorkat, Simpatisan dan Warga Siap Sambut AHY di Kota Kupang

Selain itu, tujuan lain untuk mendesiminasikan hasil penilitian dan pengabdian kepada masyarakat, dosen dan mahasiswa dalam bentuk produk olahan makanan, minuman, obat-obatan maupun kosmetik, aplikasi software, teknologi tepat guna dan publikasi jurnal nasional, terakreditasi, jurnal internasional maupun pada jurnal internasional bereputasi.

Ketua Panitia, Dr. Bringiwatty Batbual menyampaikan kegiatan expo ini perdana dilaksanakan oleh institusi Poltekes Kemenkes Kupang.

Dikatakan expo ini memamerkan hasil penilitian dari para dosen dan pengabdian masyarakat (desa binaan).

Ia menjelaskan bahwa dosen dari setiap program studi menampilkan hasil penilitiannya sejak tahun 2018 sampai 2022.

"Banyak hasil penelitian dari dosen Poltekes Kemenkes Kupang seperti yang telah dipublis di jurnal nasional maupun internasional dalam bentuk poster, banner maupun dalam bentuk laporan serta hasil penelitian dalam bentuk olahan makanan, minuman dan obat-obatan," kata dia kepada POS-KUPANG.COM, Selasa 6 Desember 2022.

Baca juga: Kesadaran Warga Kota Kupang Membayar Pajak Kendaraan Masih Rendah

Menurut dia, semua hasil penelitian tersebut tidak boleh disimpan di institusi pendidikan. Namun secara akademik dosen harus bertanggungjawab terhadap penelitiannya bukan saja di lingkup kampus tapi harus disosialisasikan kepada masyarakat umum.

"Makanya hari ini kami undang banyak pihak seperti dari rumah sakit, puskesmas, BPOM dan hilirisasi hasil penilitian," ungkapnya

Menurut dia, Poltekes Kemenkes Kupang dari pusat unggulan Ipteks telah melatih hasil penilitian dosen yang digunakan untuk melatih masyarakat seperti olahan makanan dan minuman.

Seperti, kata dia Poltekes Kemenkes Kupang memiliki desa binaan yakni di Desa Oelpuah, Kabupaten Kupang, yang dimana dalam expo ini pun mereka telah menampilkan hasil prodak mereka.

"Ada satu desa binaan kami yakni di Desa Oelpuah Kabupaten Kupang, kami bina dari nol sampai menghasilkan produk," tambahnya.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved