Berita Manggarai Barat

Politeknik Pariwisata Bali Gelar Pelatihan Komunikasi Efektif Bagi Pelaku Pariwisata di Labuan Bajo

Sebanyak 50 peserta itu mengikuti kegiatan selama 2 hari Sejak 6 Desember hingga 7 Desember 2022 di Hotel Jayakarta Labuan Bajo. 

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
Suasana pelatihan komunikasi efektif dari Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali di Hotel Jayakarta Labuan Bajo. Gambar diabadikan pada Rabu 7 Desember 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Politeknik Pariwisata / Poltekpar Bali mengadakan pelatihan komunikasi efektif bagi puluhan pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Sebanyak 50 peserta itu mengikuti kegiatan selama 2 hari Sejak 6 Desember hingga 7 Desember 2022 di Hotel Jayakarta Labuan Bajo

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan / Kadisparekrafbud Manggarai Barat, Pius Baut mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, komunikasi menjadi bagian penting bagi pelaku pariwisata di Labuan Bajo.

"Saya sangat senang,  karena baru kali ada lembaga yang melatih itu bagi pelaku pariwisata di Labuan Bajo, itu masalah serius," katanya.

Pius Baut menjelaskan, komunikasi efektif sangat dibutuhkan, demi pengembangan industri pariwisata di Labuan Bajo.

"Saya kemana-mana, saya lihat persoalan komunikasi harus dibenah. Kadang dianggap sepele tapi sangat penting, terlebih di industri pariwisata yang mengedepankan hospitality. Bayangkan salah komunikasi tamu langsung cari hotel lain, sangat berpengaruh komunikasi, di tengah industri pariwisata terus bersaing memberikan pelayanan," jelas Pius Baut.

Pius mengaku bersyukur, para pemateri merupakan orang yang berkompeten dalam bidang komunikasi, sehingga para pelaku pariwisata usai kegiatan dapat berbenah, dan mengubah gaya komunikasi yang lebih efektif terhadap para tamu yang berkunjung ke Labuan Bajo.

Baca juga: Wisata Labuan Bajo , Inilah 6 Pulau Eksotik Mesti Jadi Priorita saat Liburan Di Labuan Bajo dan TNK

"Diharapkan kegiatan ini terus berlanjut, apalagi penyelenggara adalah lembaga pendidikan. Karena perguruan tinggi ini memiliki narasumber yang akurat, otentik yang memiliki basic dalam bidang ilmu itu," ujarnya.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (Ka P3M) Poltekpar Bali, Drs. I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa, M.Ed mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat.

Menurutnya, pelatihan komunikasi efektif merupakan hasil survei yang dilakukan Poltekpar Bali, di mana menemukan bahwa komunikasi merupakan kompetensi yang dibutuhkan para pelaku pariwisata.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, sekaligus mendukung Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

"Komunikasi sangat penting, karena dengan itu pihak lain mengerti dan memahami kita dan sebaliknya baik bahasa verbal dan bahasa tubuh. Kan di masyarakat ketika kita sampaikan Hal umum di masyarakat, belum tentu diterima masyarakat lain dengan cara yang sama, apalagi budaya kita berbeda,” katanya.

"Contohnya orang dari luar atau tamu baru ketemu tanya nama, sudah nikah atau belum umur berapa, nah hal ini tidak biasa bagi mereka, sedangkan di kita itu menunjukkan keakraban," tambahnya. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved