Info Gempa Bumi

BMKG Rilis 3 Peta Bahaya Tsunami di Maumere, Provinsi NTT, Begini Respon Pemda Sikka

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Kupang merilis 3 Peta Bahaya Tsunami di Maumere, Provinsi NTT, begini Respon Pemda Sikka

Editor: Adiana Ahmad
Tribun Flores
BMKG Rilis Peta Bahaya Tsunami Maumere/ Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang, Margiono Serahkan Peta Bahaya Tsunami Maumere kepada Asisten III Setda Sikka, Robert Ray Selasa 6 Desember 2022 - BMKG rilis 3 Peta Bahaya Tsunami Maumere, Provinsi NTT, begini Raspon Pemda Sikka 

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Stasiun Geofisika Kupang secara resmi merilis 3 Peta Bahaya Tsunami di Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, Selasa 6 Desember 2022. Selanjutnya, 3 Peta Bahaya Tsunami itu diserahkan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang, Margiono kepada Pemerintah Daerah ( Pemda ) Sikka yang diwakili Asisten III Setda Sikka, Robert Ray di di aula lantai tiga Kantor Bupati Sikka, Selasa 6 Desember 2022.

Asisten III Setda Sikka, Robert Ray menyambut baik Peta Bahaya Tsunami di Maumere yang dirilis BMKG.

Robert Ray mengatakan, melalui sosialisasi tentang Peta Bahaya Tsunami yang dirilis BMKG, diharapkan elemen pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi atau pakar dan media massa saling bersinergi dalam pengurangan resiko bencana.

Adapun tiga Peta Bahaya Tsunami di Maumere yang dirilis BMKG yaitu Peta Bahaya Tsunami untuk Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Peta Bahaya Tsunami untuk Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok dan Peta Bahaya Tsunami untuk Kelurahan Beru, Kecamatan Alok.

Baca juga: BMKG: Waspada NTT Punya Potensi Gempa Bumi Merusak dan Tsunami

Sementara untuk wilayah lain di Kabupaten Sikka dalam proses survey pengambilan data.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, Asisten III Setda Sikka, Robert Ray, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sikka, Yohanes Baptista Laba, Kepala Dinas PMD Sikka, Fitriniati Kristiani, para Camat, para Lurah, para Kapolsek, para Danramil, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang, Marginono dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Sosilisasi peta bahaya Tsunami di Maumere merupakan lanjutan dari sekolah lapang gempa bumi tingkat Provinsi NTT di Kabupaten Sikka.

Ia juga menjelaskan pembuatan peta bahaya Tsunami ini tidak terlepas dari sejarah Tsunami 12 Desember 1992 di Kabupaten Sikka.

Baca juga: Cuaca Hari Ini 6 Desember 2022,BMKG: Waspada, Bibit Siklon Tropis 96B Picu Hujan Deras di 29 Wilayah

Pusat gempa terjadi di Laut Flores dengan jarak 300 kilometer dengan kekuatan 7,5 SR. Gempa dasyat ini menelan korban jiwa dan merusak material yang tidak sedikit.

Belajar pada sejarah ini harusnya menjadi cermin untuk menimalisir jatuhnya korban jiwa dan kerusakan material.

"Tujuan dari sosilisasi ini melakukan pemetaan dan mikrozonasi gempa bumi tektonik di seluruh wilayah NTT.

Melakukan koordinasi antar pihak pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta, akademisi, media dan masyarkat melakukan aksi kolaborasi di lapangan guna mencegah terjadinya kerugian sosial ekonomi dan korban apabila terjadi gempa bumi dan Tsunami," jelas Margiono.

Peta ini membantu mengukur kapasitas dan kapabilitas Pemda Sikka denga pihak terkait dalam kesiapan untuk mencegah kesiapan sosial ekonomi dan korban jiwa.

Karena tujuannya demi mewujudkan zero victims atau tanpa korban jiwa dan tanpa kerusakan yang berat apabila terjadi gempa bumi dan Tsunami.

Dalam sosialisasi ini BMKG Stasiun Geofisika Kupang mekomendasikan Pemda Sikka membangun sistem mitigasi gempa bumi dan Tsunami melalaui upaya penyiapan sarana evakuasi jalur rambu, tempat evakuasi dan latihan rutin untuk seluruh masyarakat.

Mendorong Pemda segerah menyusun SOP bersama yang melibatkan seluruh elemen pentahelix untuk dapat melakukan respon bencana. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunflores.com dengan judul BMKG NTT Serahkan 3 Peta Bahaya Tsunami di Maumere Kepada Pemda Sikka.

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved