Prakiraan Cuaca

BMKG: Bibit Siklon Tropis 96B Berkategori Tinggi,Waspada Hujan Lebat, Angin Kencang,Gelombang Tinggi

Prakiraan cuaca hari ini, Rabu 7 Desember, BMKG sebut Bibit Siklon Tropis 96B berkategori tinggi, waspada hujan lebat, angin kencang, gelombang tinggi

Editor: Adiana Ahmad
ZOOM.EARTH
Waspada, Ada Bibit Siklon Tropis 96B/ Bibit Siklon Berubah Jadi Siklon Tropis Anika di Laut Timor beberapa waktu lalu - BMKG: Bibit Siklon Tropis 96B Berkategori Tinggi, Waspada hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi 

POS-KUPANG.COM - Waspada! Menurut Prakiraan cuaca hari ini Rabu 7 Desember 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) ada Bibit Siklon Tropis 96B di sekitar Teluk Benggala. Disebutkan, Bibit Siklon 96B termasuk Siklon berkategori Tinggi yang berpotensi tumbuh menjadi Siklon Tropis dalam 24 jam ke depan.

Karena itu BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada dampak dari Bibit Siklon Tropis 96B jika sudah tumbuh menjadi Siklon Tropis, seperti hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi

Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto di Jakarta, Selasa 6 Desember 2022, mengatakan, Bibit Siklon Tropis 96B masih terpantau di sekitar Teluk Benggala tepatnya di 7,8 Lintang Utara dan 90,4 Bujur Timur dengan kecepatan maksimum sekitar 20 knots dan tekanan minimum sekitar milibar (mb).

"Berdasarkan analisa citra satelit Himawari-8 menunjukkan aktivitas konvektif cukup aktif dalam 6 jam terakhir. Dan berdasarkan angin perlapisan sirkulasi siklonik terpantau di lapisan bawah hingga menengah dan terlihat melebar di lapisan 200 mb," jelas Guswanto.

Baca juga: Cuaca Hari Ini 6 Desember 2022,BMKG: Waspada, Bibit Siklon Tropis 96B Picu Hujan Deras di 29 Wilayah

Ia mengatakan, kondisi lingkungan sekitar sistem yang mendukung pertumbuhannya Bibit Siklon Tropis 96B antara lain, gelombang tropis (ER) aktif, shear vertikal lemah (5–10 knots), divergensi lapisan atas lemah (5-10 s-1), dan vortisitas sedang-rendah.

Berdasarkan prediksi keluaran model NWP, disampaikan, Bibit Siklon Tropis 96B dalam 24 jam ke depan bergerak ke arah Barat Laut.

Guswanto menegaskan, Bibit Siklon Tropis 96B berpotensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan, tinggi

Dikatakan Guswanto, dampak tidak langsung Bibit Siklon 96B terhadap kondisi cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan berupa hujan lebat, angin kencang serta gelombang tinggi.

Baca juga: Cuaca Hari Ini,Siklon Tropis 94S Picu Hujan di NTT,Bali,NTB, BMKG: Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Guswanto mengungkapkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Riau.

Sementara itu angin kencang berpotensi terjadi di Aceh.

Sedangkan untuk gelombang tinggi kata Guswanto, berpotensi terjadi di Selat Malaka bagian Utara, Perairan, Meulaboh-Sinabang dengan ketinggian gelombang sekitar 1,25-2,5 meter.

Untuk gelombang yang lebih tinggi sekitar 2,5-4 meter, lanjut dia, berpotensi terjadi di wilayah perairan utara Pulau Sabang, Perairan barat Aceh, dan Samudra Hindia barat Nias.

Di sisi lain, Guswanto juga menyampaikan, bibit siklon tropis 92W terpantau di Samudera Pasifik sebelah utara Papua, tepatnya di sekitar 3,0 Lintang Utara, 139,0 Bujur Timur dengan kecepatan angin 15 knot dan tekanan 1008.6 mb.

"Potensi sistem ini untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah," katanya. (*/ant)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved