Berita Ende

SMP Katolik Frateran Ndao-Ende Gelar PAS dan SAS Bagi Para Siswanya

Namun salah satu siswa kelas VIII tidak mengikuti kegiatan PAS karena sedang mengikuti kejuaraan olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Frater Kepala SMPK Ndao Ende, Fr Yohanes Berchmans, BHK, M.Pd. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, ENDE - Sekolah Menengah Pertama Katolik / SMP Katolik Frateran Ndao melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) bagi para siswa kelas VIII dan kelas IX yang melaksanakan kurikulum 13 (K-13) dan Sumatif Akhir Semester (SAS) untuk kelas VII yang melaksanakan kurikulum merdeka pada semester ganjil ini.

Kegiatan yang dimulai pada hari, Senin 5 Desember 2022 tersebut diikuti oleh 742 siswa. Namun salah satu siswa kelas VIII tidak mengikuti kegiatan PAS karena sedang mengikuti kejuaraan olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Frater Kepala SMPK Ndao Ende, Fr Yohanes Berchmans, BHK, M.Pd pada kesempatan itu mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan PAS sebagai instrumen untuk melihat hasil belajar siswa selama satu semester ini atau semester ganjil ini.

Baca juga: FKUB Ende Gelar Sosialisasi Pendidikan Berkarakter Pancasila dan Diklat Fasilitator Kerukunan Umat

Sebagai alat evaluasi, PAS dan SAS dilakukan untuk melihat apakah para siswa kelas VIII dan IX di sekolah itu sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan juga Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) bagi siswa kelas VII.

"Manakala ada siswa kelas VIII dan IX tidak memenuhi KKM maka dilakukan remedial. Begitu juga dengan siswa kelas VII, mereka akan diberi intervensi khusus berupa remedial. Tetapi yang remedial itu bukan remedial nilai rapor tetapi remedial PAS dan SAS nya itu," jelasnya.

Ia mengatakan, dengan adanya kegiatan PAS dan SAS tersebut, maka para siswa dapat memenuhi KKM dan KKTP. Hal tersebut berarti bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama satu semester dinyatakan berhasil.

"Artinya para siswa memiliki daya serap. Mereka berhasil mengikuti pembelajaran selama satu semester ini," ungkapnya.

Baca juga: Syarifudin, Seorang Nelayan di Ende Bersyukur Biaya Persalinan Istrinya Ditanggung Program JKN

Pada kesempatan itu, Frater Yohanes juga berharap kepada para siswanya untuk belajar lebih giat menghadapi kegiatan PAS dan SAS, sebab semester depan akan menjadi penentu kelulusan bagi siswa kelas IX dan juga sebagai penentu kenaikan kelas bagi para siswa kelas VII dan VIII. (tom)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved