Berita Manggarai Timur

Desa Wisata Golo Loni Manggarai Timur Punya Destinasi Gua Alam Watu Tahang

Gua alam ini terletak di bawah hamparan persawahan, panjangnya kurang lebih 100 meter dengan dialiri air yg bersumber dari dari mata air Wae Mao

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO ISTIMEWA
GUA ALAM - Gua Alam Watu Tahang, Desa Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpan begitu banyak obyek wisata alam, salah satunya adalah obyek wisata Gua Alam Watu Tahang

Gua alam ini terletak di Desa Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur. Dengan adanya obyek Wisata Gua Watu Tahang ini, Desa Golo Loni yang merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Manggarai Timur ini memiliki banyak destinasi wisata diantaranya River Tubing Wae Dingin dan Spot Foto Golo Depet dan gua alam Watu Tahang. 

Gua alam ini terletak di bawah hamparan persawahan, panjangnya kurang lebih 100 meter dengan dialiri air yg bersumber dari dari mata air Wae Mao dengan sensasi dingin yang memanjakan badan. 

Baca juga: Pos Kupang Awards 2022, Manggarai Timur Terima Penghargaan Kategori Sekolah dan Guru Penggerak 

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan areal persawahan Desa Golo Loni yang membentang sepanjang areal gua alam tersebut . Selain itu pengunjung juga akan melewati kebun kepompong bambu yang letaknya sekitar 50 meter dari lokasi gua alam ini. 

Albertus Jehamin, Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, kepada POS-KUPANG.COM, Selasa 6 Desember 2022, menerangkan, di dalam gua alam Watu Tahang terdapat stalaktit dan stalakmit. Bahkan, ada aliran air di dalam gua. 

Dikatakan Albertus, apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia, watu artinya batu dan tahang arti kapur. Gua alam Watu Tahang adalah gua dengan dinding batu kapur. 

Albertus juga menerangkan, gua ini merupakan salah satu aset wisata yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Desa melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Golo Loni.

Baca juga: Capai UHC 100 Persen, Jadi Kado Masyarakat Kabupaten Manggarai Timur di Hari Jadi ke-15

Aktivitas treking di persawahan menjadi Salah satu pilihan aktivitas saat berkunjung ke Gua Watu Tahang. Gua Alam Watu Tahang direncanakan menjadi atraksi geowisata dan dipadukan dengan Wisata petualangan air river Tubing. 

Adapun akses jalan menuju gua alam Watu Tahang, jika dari Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur pengunjung mengikuti jalan Negara Trans Flores dengan jarak sekitar 20 kilometer (KM), jika dari Ruteng, pusat Ibu Kota Kabupaten Manggarai menempuh jarak sekitar 30 KM juga melewati jalan Trans Flores. 

Sesampai di Desa Golo Loni, pengunjung akan menyisiri jalan setapak kurang lebih 20 menit. Saat melintasi jalan setapak ini, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan yang menyegarkan mata karena melewati perkebunan kopi milik petani dan hamparan sawah. (rob)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved