Anchieta Pimpin SEKAMI Paroki Fransiskus Assisi Kolhua

Pengurus SEKAMI Paroki St. Fransiskus dari Assisi BTN Kolhua harus setia pada janji yang telah diucapkan.

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Gerardus Manyela
POS KUPANG.COM
SERAHKAN SK -RD Kayetanus Un yang akrab disapa Romo Tan sebagai pastor moderator menyerahkan SK pengurus kepada Ketua SEKAMI, Yosefina Anchieta, Minggu 4 Desember 2022. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Gerardus Manyela

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Yosefina De Anchieta Hale dilantik memimpin SEKAMI (Serikat Kepausan Anak/Remaja Misioner) Paroki St. Fransiskus dari Assisi BTN, Kolhua, Minggu, 4 Desember 2022 dalam misa yang dipimpin Pastor Moderator, RD Kayetanus Un yang akrab disapa Romo Tan.

Dalam sambutan singkatnya, Romo Tan meminta semua umat paroki mendukung anak-anak SEKAMI yang telah mengungkapkan janji menjadi pengurus agar selalu aktif dan terlibat dalam kegiata-kegiatan gereja.

Romo Tan mengatakan, mereka sebenarnya dilantik pada tiga tahun yang lalu tapi karena pandemi Covid-19 sehingga baru dilantik hari ini. Pastor paroki, pastor rekan, pastor moderator, dan dirinya sebagai Ketua KKI Keuskupan Agung Kupang menyampaikan proficiat bagi anak-anak yang telah memberikan diri menjadi pengurus SEKAMI.

Lanjut Romo Tan, ada tiga tipe manusia yakni pertama tipe orang yang takut buat janji, tidak mau ambil resiko entah baik, maupun buruk, kedua tipe ingkar janji yaitu tipe orang yang berjanji di mana-mana tapi ingkar dan tipe ketiga setia pada jani, tipe ini yang diharapkan bagi anak-anak yang dilantik hari ini dan bagi kita yang pernah berjanji, janji imamat, janji pernikahan dan lain-lain agar setia pada janji, jangan ingkar janji. Jangan hari ini berjanji, besok atau lusa ingkar janji.

Baca juga: Lantik Pengurus Wilayah dan KUB, Romo Dus Bone Tekankan Pentingnya Pemimpin yang Melayani

"Sebagai moderator SEKAMI, saya mengaharapkan dukungan umat sekalian, dukungan DPP, kelompok kategorial yang ada agar anak-anak ini lebih banyak melibatkan diri dalam kegiatan- kegiatan gereja.

Romo Tan berharap agar anak-anak yang dilantik kelak ada yang menjadi imam, suster, biawarwan dan biarawati.

Ketua Pelaksana DPP, Adrianus Ceme mengatakan semua anak-anak SEKAMI ketika dilantik menjadi badan pengurus harus memberi diri, melayani dan beraktivitas di paroki ini. DPP mengucapkan selamat dan proficiat kepada anak-anak yang dilantik menjadi pengurus SEKAMI. Anak-anak ini perlu dibimbing karena masih dalam pertumbuhan iman, ini bukan hanya pastor dan frater yang bertugas di paroki ini, tapi orang tua juga harus bertanggung jawab terhadap pertumbuhan iman mereka.

SEKAMI, kata Adri Ceme, merupakan mitra dari DPP. Untuk itu kemana DPP berada disitu ada SEKAMI supaya gereja ini jangan mati, karena ada SEKAMI, ada OMK. "Mari kita hidupkan gereja kita ini," pinta Adri Ceme.

BERSAMA PEMBINA -Pengurus SEKAMI Paroki st. Fransiskus dari Assisi, BTN Kolhua pose bersama Pastor Moderator dan Pembina usai ramah tamah di aula paroki, Minggu, 4 Desember 2022.
BERSAMA PEMBINA -Pengurus SEKAMI Paroki st. Fransiskus dari Assisi, BTN Kolhua pose bersama Pastor Moderator dan Pembina usai ramah tamah di aula paroki, Minggu, 4 Desember 2022. (POS KUPANG.COM)

Ketua SEKAMI, Anchieta mengucapkan terima kasih dan mengharapkan dukungan pengurus, pastor paroki, DPP dan lainnya untuk kelancaran oragnisasi.

Dukungan itu penting agar pengurus dapat bertanggungjawab menjalankan tugas dengan berbagai kegiatan dibawah bimbingan pastor paroki, pastor moderator, pengurus DPP dan para pembina.

Ketua dan Sekretaris KUB Mater Dei, Pius Rasi dan Sony Tokan berharap dukungan umat paroki agar SEKAMI terus berkembang dan anak-anak bertumbuh menjadi generasi emas paroki. Keduanya menyarankan agar kolekte saat pemberkatan anak-anak dijadikan kas untuk mendukung kegiatan SEKAMi paroki.

Pengurus SEKAMI periode 2022-2025 yang dilantik, terdiri dari pengurus inti Yosefina De Anshieta Hale, Evangelis F. Chika Pake, Agustino Mario Solodan Skolastika R. Ina Molan. Badan pengurus ini dilengkapi seksi-seksi, yakni seksi liturgi dengan koordinator, Maria G.A Lake, seksi usaha dana, Francesko Xaverio L Setty, seksi animasi, Skolastika Sarina Baso dan seksi perlengkapan dikoordinir, Christian Alexander, dengan pembina, Maria Yasintha Anas, Servin Manuk, Maria Wilfrida, Vinsensia G.J Sawarnuti, Marselino Pareira dan Marselina Wea Ceme.(*)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved