Berita Manggarai Timur

BLK Komunitas Oceania Borong Diresmikan, Rumat Sebut Fokus Pelatihan Kuliner dan Barista Kopi 

Proses hadirnya BLKK tersebut berjalan cukup panjang sejak 2021 mulai dari pengajuan proposal dan negosiasi dan pada tahun anggaran 2022 dibangun

Penulis: Robert Ropo | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
GUNTING PITA- Kegiatan peresmian gedung BLK Komunitas Oceania Borong. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Marna, S.Pd 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG- Gedung Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) atau BLKK Oceania Borong, Kabupaten Manggarai Timur diresmikan. 

Proses hadirnya BLKK tersebut berjalan cukup panjang sejak tahun 2021 mulai dari pengajuan proposal dan negosiasi dan pada tahun anggaran 2022 dilakukan pembangunan gedung itu. 

Peresmian gedung itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Marna, S.Pd, mewakili Kepala Dinas Nakertrans didampingi oleh Ketua Yayasan BLK Komunitas Oceania Borong, Yohanes Rumat SE

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas  Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Menggarai Timur Aleksius Rahman, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM Manggarai Timur, Fransiskus Petrus Sinta, Tokoh Masyarakat, Kepala Perkumpulan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Seminari Pius XII Kisol, RD Jossy Erot, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainya. 

Selain peresmian juga dilakukan misa pemberkatan BLKK tersebut. Misa pemberkatan ini dipimpin oleh RD Jossy Erot. 

Dalam khotbahnya, RD Jossy mengatakan, bangunan BLKK tersebut merupakan karya besar Tuhan. BLKK ini merupakan tempat yang nyaman untuk menemukan kemampuan yang dimiliki khususnya dalam ahli pembuatan kue dan roti. 

Baca juga: BLKK Seminari Kisol Menggelar Pelatihan dan Panen Simbolis Sejumlah Hasil Usaha

RD Jossy juga meminta kepada para peserta dalam pelatihan itu harus benar-benar menaati dan menggunakan ilmu yang diperoleh untuk menjadikan modal untuk membuka usaha sesuai dengan injil.

Dimana Tuhan Yesus menyuruh Simon berangkat lagi ke tempat yang lebih dalam dan menyuruh menebarkan jala untuk menangkap ikan. Dan ketika Simon melakukannya, ia menangkap sejumlah ikan besar sehingga jalanya mulai koyak dan perahu hampir tenggelam.

Sementara Ketua Yayasan BLKK Oceania Borong, Yohanes Rumat SE juga pada kesempatan itu, menerangkan kehadiran pembangunan BLKK tersebut merupakan kontribusi penuh dari Negara yakni Kementerian Nakertras RI mulai dari pembangunan gedung hingga pengadaan peralatan yang memadai dengan nilai sebesar Rp1 miliar. 

Proses hadirnya BLKK tersebut berjalan cukup panjang sejak tahun 2021 mulai dari pengajuan proposal dan negosiasi dan pada tahun anggaran 2022 dilakukan pembangunan gedung itu. 

Kemudian pada masa tahun anggaran 2022 itu juga ada masa program pelatihan. Karena itu pihaknya mendapatkan satu paket berupa pelatihan bagi 16 orang yang tersebar di sejumlah kecamatan yang membidangi kuliner khusus pelatihan pembuatan kue dan roti. 

Anggota Fraksi PKB, DPRD Provinsi NTT ini juga mengatakan, BLKK tersebut dikhususkan pada bidang pelatihan kuliner dan barista kopi. 

Baca juga: BLKK Yapersukna Adakan Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi Computer Operator Assistant

Yohanes juga berharap, ke depan lembaga tersebut bisa berkontribusi bersama Pemda Manggarai Timur untuk menyumbang tenaga-tenaga ahli melalui pelatihan terutama pada kuliner terutama kue dan roti.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved