Berita Kota Kupang

Semarak Pesta Pelindung Kuasi Paroki St. Andreas Lasiana-Kupang, "Mari Ikutlah Aku"

Menjelang pesta Pelindung Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana, umat kuasi Paroki Lasiana menyelenggarakan berbagai lomba.

Editor: Agustinus Sape
Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana Kupang
NASI TUMPENG - Umat Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana Kupang menggelar berbagai kegiatan menyambut pesta pelindung pada Rabu 30 November 2022. Pada puncak pesta tersebut diadakan perayaan ekaristi dan acara ramah tamah, termasuk pemotongan nasi tumpeng. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Menjelang pesta Pelindung Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana, umat setempat menyelenggarakan berbagai kegiatan perlombaan.

Pastor Kuasi Paroki Santo Andreas - Lasiana, RD. Hironimus Nitsae, dalam laporannya kepada Pos-Kupang.com, Kamis 1 Desember 2022, menyebut puncak kegiatan tersebut terjadi pada 30 November 2022, namun rangkaian kegiatan sudah berjalan sejak seminggu sebelumnya.

Dia mengatakan, pada tanggal 23 November 2022 rangkaian kegiatan dimulai dengan bakti sosial (Baksos) di seluruh kompleks gereja. Baksos diikuti oleh seluruh umat Kuasi.

Selanjutnya, lomba baca Kitab Suci kategori anak SD kelas VI sampai dengan SMP kelas IX, dan lomba mazmur tanggapan kategori SMA sampai OMK. Kegiatan lomba ini dilaksanakan selama dua hari.

Salah satu yang menarik, menurut Romo Hiro, kegiatan EXPO UMKM dengan melibatkan UMKM dari umat Kuasi Paroki Lasiana. Expo ini melibatkan delapan stand. Salah satu diantaranya adalah UMKM dari 'Komunitas Sepe Kita'.

Menurut Romo Hiro, expo yang berlangsung selama 2 hari ini ramai dikunjungi oleh umat.

Baca juga: Mitigasi Bagian dari Pelayanan Gereja

Tujuan EXPO UMKM ini, katanya, untuk membangkitkan pemberdayaan ekonomi umat sekaligus memberi ruang bagi umat untuk bisa mengeksplorasi apa yang menjadi kemampuan umat. 

"EXPO UMKM yang berlangsung tanggal 28 - 29 November 2022 dimeriahkan dengan live akustik dari OMK St. Andreas - Lasiana, nonton bareng film bertemakan keluarga (film Ngeri-ngeri Sedap)," kata Romo Hiro, yang juga mantan pastor rekan Paroki Katedral Kristus Raja Kupang.

Romo Hiro mengatakan, puncak perayaan Pesta Pelindung Gereja Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana dirayakan dengan Ekaristi yang dipimpin oleh Hironimus Nitsae sendiri, didampingi oleh beberapa imam konselebran.

Dalam kotbahnya, Pastor Hiro mengajak umat untuk mengambil inspirasi dari Santo Andreas ketika diajak oleh Yesus, "Mari Ikutilah Aku."

Ajakan Yesus sekaligus adalah merupakan tanggung jawab karena ajakan-Nya adalah menjadi 'penjala manusia'.

Tanggung jawab ini besar tetapi jika dilakukan dengan penuh cinta, maka segalanya akan membuahkan hasil nan indah yang datang dari Tuhan.

Seusai perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan ramah tamah bersama umat, pengumuman hasil dan penyerahan hadiah perlombaan.

Romo Hiro tak lupa menyampaikan selamat berbahagia kepada umat Kuasi Paroki Lasiana yang merayakan pesta nama St. Andreas sebagai pelindung Gereja.

Expo UMKM Kuasi Parok Lasiana_01
Expo UMKM menyambut Pesta Nama Pelindung Paroki Kuasi Santo Andreas Lasiana.
Sandrena Band Lasiana_02
Sandrena Live Acoustic menyambut Pesta Pelindung Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana.
Kuasi Paroki Andreas Lasiana_01
OMK Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana usai menggelar Sandrena Live Acoustic menyambut pesta pelindung.
pembagian hadiah lomba Lasiana_0304
Pembagian hadiah lomba menyambut pesta Pelindung Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana, Rabu 30 November 2022.
hadiah lomba di lasiana Kupang_03
Pembagian hadiah lomba menyambut Pesta Pelindung Kuasi Paroki Santo Andreas Lasiana Kupang, Rabu 30 November 2022.

 

Ikuti berita Pos-kupang.com di GOOGLE NEWS

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved