Berita Manggarai Timur

Pemilu 2024, DPD Perindo Manggarai Timur Lakukan Pemantapan Bakal Caleg Kabupaten dan Provinsi

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah dilaksanakan guna menghadapi Pemilu 2024 mendatang. 

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
FOTO BERSAMA - Foto Bersama dalam kegiatan pemantapan para bakal Caleg 

Laporan  Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum / Pemilu 2024, DPD Partai Perindo Kabupaten Manggarai Timur melaksanakan kegiatan Pemantapan Para Bakal Calon Legislatif (Caleg) baik Provinsi maupun Kabupaten. 

Kegiatan ini berlangsung di Aula Sekertariat DPD Partai Perindo Kabupaten Manggarai Timur di Peot, Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong, Selasa 29 November 2022 malam. 

Ketua DPW Partai Perindo Provinsi NTT, Drs. Jonathan Nubatonis dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah dilaksanakan guna menghadapi Pemilu 2024 mendatang. 

Baca juga: Video Viral TikTok, Sandiaga Uno Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Manggarai Timur

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kolaborasi atau kerja sama DPW, DPD dan DPC serta para anggota DPRD dan kader dari partai Perindo untuk merekrut Bakal Calon Legislatif Kabupaten dan Provinsi NTT. 

Dikatakan Jonathan, kegiatan pemantapan ini juga merupakan bagian dari penghujung terkait agenda perekrutan Bacaleg untuk tingkat Manggarai Timur maupun Bacaleg Provinsi.

Dan melalui kegiatan ini, DPW Partai Perindo NTT menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Manggarai Timur guna memfinalisasih para bakal Caleg. 

Dikatakan Jonathan, pihaknya menyerahkan kepada Ketua DPD untuk memutuskan para bakal Caleg itu, karena ketua DPD lebih mengetahui kapasiti dan elektabilitas dari semua bakal Caleg untuk diputuskan maju dan bertarung dalam Pemilu. Sedangkan DPW Partai Perindo hanya memberikan rambu-rambu dan strategi guna memenangkanya. 

Terkait kendala kurangnya Caleg perempuan, kata Jonathan, di Indonesia Caleg dari wanita tidak kurang, namun karena kurang mencari. Mencari Caleg wanita bukan juga hanya sebagai pelengkap, namun harus potensial. 

Baca juga: HUT ke-15 Manggarai Timur, Pemkab Gelar Ritual Adat Penti Hingga Serahkan Bantuan ke Warga

Jonathan juga mengatakan, jika Ketua DPD sudah memfinalisasi para bakal Caleg, pada Januari 2023 akan ditetapkan di DPW Partai Perindo Provinsi NTT sekaligus mempertanggungjawabkan terkait nama-nama yang diputuskan itu agar kursi tidak hilang di setiap Dapil baik Kabupaten maupun  Provinsi. 

Menurut Jonathan ada kursi Partai Perindo banyak yang hilang pada Pemilu Tahun 2019 karena, merekrut Caleg dengan toleransi, kekeluargaan dan penuh perasaan. Karena itu ia meminta kepada Ketua DPD agar tidak merekrut dengan cara itu. 

Jonathan juga menegaskan pihaknya melarang keras bagi Caleg yang melakukan gerakan 'sik sak' karena sistem tata negara di bangsa Indonesia ini terstruktur ada DPRD pusat, Provinsi dan Kabupaten sesuai pasal 18 UUD 1945 dan mempunyai kewenangan masing-masing. 

Koordinator Wilayah Dapil NTT 4, Servas Lawang, juga menambahkan kegiatan pemantapan ini merupakan bagian proses finalisasi dari proses perekrutan Bakal Caleg yang sudah dilaksanakan selama sekitar enam bulan terakhir. Pihaknya telah merekrut banyak Caleg dan sudah mewawancarai, sehingga sekitar Januari 2023 harus diserahkan kepada DPP Partai Perindo nama-nama bakal Caleg itu. 

Servas mengatakan, dalam proses perekrutan bakal Caleg ini, pihaknya menenui kendala terkait perekrutan bakal Caleg perempuan yang berkualitas dan mempunyai reputasi baik. 

Baca juga: Meriahkan HUT Ke-15 Manggarai Timur, Dinas PPO Manggarai Timur Gelar Expo Pendidikan

Dikatakan Servas, Begitu juga terkait Caleg pusat yang harus mumpuni yang mampu berkomunikasi dengan Caleg provinsi dan kabupaten. Karena konsentrasi Partai Perindo harus masuk dalam parliamentary threshold dan juga Caleg tersebut harus berhasil duduk di kursi DPR RI guna memperjuangkan kepentingan rakyat dan tentunya Partai Perindo akan mendukung secara penuh. 

Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Manggarai Timur, Damu Damian, menerangkan, kegiatan itu guna pemantapan bagi para bakal Caleg baik Caleg Kabupaten maupun Caleg Provinsi NTT setelah melewati proses yang panjang terkair perekrutan bakal Caleg. 

Damian juga mengatakan, meskipun masuk dalam tahap pemantapan, namun masih ada sejumlah poin yang belum difinalkan diantaranya adalah perekrutan bakal Caleg perompuan yang potensial. 

Damian juga berharap dengan waktu yang tersisa ini, pihaknya bisa melengkapi terkait Caleg Perompuan yang masih belum memenuhi kuota. Karena pihaknya tidak gegabah hanya dengan sekedar merekrut Caleg yang potensial sehingga dengan harapan setiap Dapil memperoleh kursi baik kursi DPRD Kabupaten maupun Provinsi. 

Adapun hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Manggarai, Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Manggarai Barat, pengurus, kader partai, para bakal Caleg baik Kabupaten, Provinsi dan bakal Caleg RI. (rob)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved