Berita Internasional

Ketegangan China-Amerika Serikat,Tiongkok Usir Kapal Angkatan Laut AS saat Melewati Selat Taiwan

Keteganga Baru China-Amerika Serikat, Tiongkok usir Kapal Angkatan Laut AS saat melintas secara ilegal di Selat Taiwan, begini tanggapan Whasington

Editor: Adiana Ahmad
Commander, U.S. 7th Fleet Photo
Ketegangan Bari China-Amerika Serikat/ Kapal USS Sampson (DDG 102) milik Angkatan Laut Amerika Serikat saat melintas di Selat Taiwan, Selasa 26 April 2022 - Ketegangan Baru China-Amerika Serikat, Tionkgkok usir Kapal Angkatan Laut AS saat melintasi Selat Taiwan 

POS-KUPANG.COM - Selat Taiwan memanas. Kini terjadi Ketegangan Baru China - Amerika Serikat setelah Tiongkok mengusir Kapal Angkatan Laut AS saat melintas di Selat Taiwan. Militer China mengklaim, Kapal Angkatan Laut AS secara ilegal melintasi Selat Taiwan dengan menyusup ke perairan dekat Kepulauan Spartly, Laut China Selatan yang disengketakan.

Juru Bicara komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat Tian Junli menyebut tindakan militer AS sangat melanggar kedaulatan dan keamanan China

Dilansir Al Jazeera, Kapal AS, USS Chancellorsville, sebuah kapal penjelajah rudal, baru-baru ini berlayar melalui Selat Taiwan.

Hingga saat ini belum ada komentar dari Washington terkait pengusiran Kapal Angkatan Laut AS oleh China tersebut.

Baca juga: Militer China Makin Siap Hadapi AS, Angkatan Udara PLA Diperkuar Tanker Udara Canggih

Ketegangan di kawasan Taiwan meningkat pascakunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi.

China menggelar latihan militer terbesar di sekitar Selat Taiwan pada awal Agustus lalu.

Tiongkok menembakkan rudal balistik dan mengerahkan puluhan jet tempur serta kapal perang.

Latihan militer dikatakan bertujuan untuk menunjukkan tekad China menegakkan "kedaulatan dan integritas teritorialnya", lapor Al Jazeera.

Baca juga: Perang di Depan Mata , Latihan Militer China Kepung Taiwan , Pilot Tempur China Tunggu Perintah

Sementara itu, China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan di bawah Nine Dash Line atau 9 Garis Putus-putus yang diputuskan oleh pengadilan internasional pada tahun 2016.

Tian menuduh AS sebagai "pembuat risiko keamanan" di daerah tersebut.

Ia mengklaim pelayaran oleh USS Chancellorsville adalah "bukti lain dari hegemoninya dalam navigasi dan militerisasi Laut China Selatan".

Komando Teater Selatan mengatakan di akun media sosial WeChat bahwa pasukan China akan tetap dalam "siaga tinggi".

AS telah menolak klaim ekspansif China di perairan yang kaya sumber daya itu.

Kapal AS berlayar melalui Selat Taiwan
Kapal AS berlayar melalui Selat Taiwan (Selebaran Al AS)

Dalam gambar selebaran milik Angkatan Laut AS yang diambil pada 28 Agustus 2022, kapal penjelajah peluru kendali kelas Ticonderoga USS Chancellorsville (CG 62) transit di Laut China Timur di Selat Taiwan selama operasi rutin yang sedang berlangsung. Chancellorsville dikerahkan ke area operasi Armada ke-7 AS untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Dua kapal perang Amerika Serikat berlayar melalui Selat Taiwan pada 28 Agustus 2022, kata angkatan laut Amerika, transit pertama sejak China melakukan latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar pulau itu.
Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan dinilai Beijing sebagai tindakan provokasi oleh Amerika Serikat terhadap kedaulatan China.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul China Usir Kapal Angkatan Laut AS, Disebut Berlayar Secara Ilegal Melalui Selat Taiwan

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved