Berita Kupang

CIS Timor Kerjasama Dengan Misereor Ciptakan Kesiapsiagaan Masyarakat

Kegiatan yang dilansungkan di ruang rapat bagian pemerintahan Kabupaten kupang ini dihadiri oleh CIS Timor, Misereor, pewakilan dari dua desa

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
Kegiatan kick off Program Terciptanya Kesiapsiagaan Masyarakat di Tiga Desa di Kabupaten Kupang kerjasama CIS Timor dan Misereor. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Circle Of Imagine Society / CIS Timor bekerjasama dengan donatur asal Jerman Misereor Gemeinsam Global Gerecht untuk menciptakan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana.

Kerjasama itu ditandai dengan melakukan Kick Off Program Terciptanya Kesiapsiagaan Masyarakat di Tiga Desa di Kabupaten Kupang yakni Kelurahan Naibonat di kecamatan Kupang Timur, Desa Tunbaun di Kecamatan Amarasi Barat, dan Desa Nitneo di Kecamatan Kupang Barat, Selasa 29 November 2022.

Kegiatan yang dilansungkan di ruang rapat bagian pemerintahan Kabupaten kupang ini dihadiri oleh CIS Timor, Misereor, pewakilan dari dua desa dan satu kelurahan serta BPBD Kabupaten Kupang, serta dinas PMD Kabupaten Kupang, juga perwakilan media massa.

Baca juga: Mobil Box Muat Alkes Tabrak Pasien di RSUD Johannes Kupang

Program ini akan dijalankan selama 18 bulan kedepan dan menurut Coordinator Misereor Indonesia Pupu Purwaningsih berpotensi terus berlanjut sambil meluhat keberhasilan yang brrjalan selama 18 bulan ini.

"Kami melihat adanya urgensi untuk penanganan atau persiapan pencegahan bencana dan lebih ke arah mitigasi sebab bagi dia selama ini masyarakat Indonesia terbiasa untuk betindak pasca bencana dan belum terbiasa mencegah sehingga dengan kehadiran kami dalam project ini dapat membawa dapak bagi dalam mitigasi bencana di Kabupaten Kupang," ungkap Pupu.

Dirinya menekankan agar masyarakat tidak menyelepekan dampak dari perubahan iklim yang melanda hampir di seluruh dunia untuk itu perubaan iklim kata dia perlu ditagani secara serius.

Lebih lanjut terkait program ini yakni untuk mempersiakan masyarakat disaa sebelim terjadinya bencana dengan pendampingan dari CIS Timor.

"Mudah-mudahan dalam 18 bulan ini ada suatu outcome yang dapat membantu ketangguhan masyarakat desa," harapnya.

Baca juga: Lansia di Kota Kupang Segera Terima Vaksin Booster

Dirinya menegaskan kehadirin Misereor dalam program ini lebih menitikberatkan pada membantu peningkatan kapasitas masyaraat dalam menghadapi bencana bukan pada membantu secara fisik namun secara sumber daya manusia.

Ketua Yayasan CIS Timor Haris Oematan menegaskan tujuan program ini untuk memastikan masyarakat memahami apa itu bencana dan melakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Selain itu juga untu membantu masyarakat bagaiamana proses yang berlansung di desa untuk memperkuat tim Siaga bencana dan forum PRB.

Selain itu juga untuk memastikan regulasi yag pro pada kebencanaan sesuai dengan Permendes Nomor 8 tahun 2022 yang ada pada poin ketiga tentang mitigas dan penanganan bencana alam dan non alam. (ary)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved