Berita Belu

Program Kemenkeu Mengajar tahun 2022 Gelar Kegiatan Mengajar di SMA Negeri 2 Atambua

Kegiatan Program Kemenkeu mengajar tahun 2022 ini berlangsung di SMA Negeri 2 Atambua, pada Kamis 24 November 2022 lalu.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO-DOK.BEA CUKAI ATAMBUA
BAWA MATERI - Kepala Kantor Bea Cukai Atambua, I Made Aryana saat membawakan materi dalam program Kemenkeu Mengajar 7 bagi siswa di SMA Negeri 2 Atambua. Kamis 24 November 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, melakukan kegiatan Program Kemenkeu Mengajar ke-7 di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.  

Kegiatan Program Kemenkeu mengajar tahun 2022 ini berlangsung di SMA Negeri 2 Atambua, pada Kamis 24 November 2022 lalu. 

Kemenkeu Mengajar ini melibatkan pengajar dari berbagai instansi vertikal Kemenkeu Republik Indonesia, termasuk Kepala Kantor Bea Cukai Atambua, I Made Aryana dan Kepala KPPN Atambua Marjanto.

Baca juga: Polres Belu Sudah Punya Tim Khusus Pengawasan 

Kegiatan ini merupakan program tahunan dari Kementerian Keuangan dan tahun 2022 ini memasuki tahun ketujuh program ini berlangsung.

Koordinator Program Kemenkeu Mengajar Atambua, Sekar Paramesti mengatakan, program ini untuk memberikan motiasi dan pemahaman kepada pelajar tetang tugas dan fungsi Kementerian Keuangan bagi para pelajar.
 
"Program ini tentunya dalam rangka memberikan motivasi kepada pelajar agar lebih memahami tugas dan fungsi Kementerian Keuangan RI," kata Sekar, dalam keterangannya, Selasa 29 November 2022.  

Menurutnya, dalam proses belajar, para pengajar memberikan materi tentang keberadaan Instansi Kementerian Keuangan kepada pelajar. 

Selain itu diberikan materi tentang prioritas penggunaan uang, mengalokasikan dananya dalam bentuk saham, obiligasi, deposito dan lain-lain serta memberikan penjelasan kaitan fungsi dan manfaat dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

“Termasuk juga ada materi yang diberikan tentang keberadaan organisasi atau instansi dari kementerian keuangan itu sendiri,” katanya.

Baca juga: Kabupaten Belu Raih STBM Award dari Kementerian Kesehatan

Dengan program kegiatan ini, lanjut Sekar, diharapkan pelajar di SMAN 2 Atambua dapat mengenal lebih dalam keberadaan kementerian keuangan beserta instansi lainnya termasuk juga tahu akan tugas dan fungsi serta manfaatnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Atambua, I Made Aryana yang juga ikut sebagai relawan Pengajar KM 7 mengatakan, tujuan dari program Kemeneku Mengajar ini, agar para pelajar bisa mengetahui secara keseluruhan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

"Ini sekaligus kita mensosialisasikan terkait dengan tugas dan fungsi kementerian keuangan secara keseluruhan termasuk postur APBN kita," kata Made, sebagaimana siaran pers.

Dia mengharapkan program Kemenkeu Mengajar ini bisa menjadikan generasi muda khususnya para pelajar di SMA Negeri 2 Atambua untuk menjadi duta yang mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang Kementerian Keuangan dan APBN.

Baca juga: Nelayan Belu Dapat Bantuan Alat Tangkap dari Pemerintah

“Diharapkan para generasi muda bisa berperan aktif, menjadi duta yang mampu menjelaskan apa itu APBN dan Kementerian Keuangan kepada temannya, saudaranya, dan masyarakat melalui berbagai media yang mereka miliki. Sehingga pemahaman mengenai pengelolaan keuangan negara oleh masyarakat akan semakin baik,” kata Made.

Kepala SMA Negeri 2 Atambua , Yasintha Luruk Bria, menyampaikan terima kasih kepada Program Kemenkeu Mengajar 7 Atambua memilih SMA Negeri 2 Atambua untuk melaksanakan program tersebut.

"Ini adalah kesempatan yang sangat baik, agar bisa menambah wawasan pelajar di SMA Negeri 2 Atambua agar bisa lebih paham tentang Kementerian Keuangan dan segala tugasnya," ujar Yasintha.

Dia berharap agar Program Kemenkeu Mengajar ini akan terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan serupa  lainnya yang  bisa menambah pengetahuan bagi anak didik di SMA Negeri 2 Atambua. (Fan)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved