Berita Manggarai Barat

Kapal Motor Karam di Pantai Labuan Bajo, SAR Pastikan Semua Penumpang Selamat

Kapal motor mengangkut puluhan penumpang dari Labuan Bajo tujuan Pulau Papagarang karam di tepi Pantai Nanga Nipa Desa Macang Tanggar Kecamatan Komodo

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-POS SAR MABAR
KAPAL KARAM - Tim dari Pos SAR Manggarai Barat juga aparat Polri saat mengevakuasi barang dan penumpang kapal motor yang karam di Pantai Nanga Nipa Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Selasa 29 November 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Sebuah Kapal Motor (KM) yang mengangkut puluhan penumpang dari Labuan Bajo tujuan Pulau Papagarang karam di tepi Pantai Nanga Nipa Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat.

Kecelakaan kapal motor ini terjadi pada Selasa 29 November 2022 sekitar pukul 13.45 Wita.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Bhabinkamtibmas Desa Papagarang kapal tersebut mengalami kebocoran.

"Kecelakaan tersebut karena perahu bocor lalu karam," kata Bhabinkamtibmas Desa Papagarang, Bripka Muslim. 

Sementara itu, Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edy Suryono saat dikonfirmasi membenarkan kecelakaan kapal motor itu.

Setelah mendapatkan informasi, kata Edy Tim SAR Gabungan langsung turun ke lokasi.

Baca juga: Wisata Labuan Bajo, Harga Tiket Pesawat Kupang ke Kota Labuan Bajo Besok 30 November 2022

Unsur yang terkait yakni Basarnas sebanyak 4 orang, anggota TNI-AL dari Lanal Labuan Bajo sebanyak 4 orang, anggota Satpolairud Polres Manggarai Barat sebanyak 5 orang dan anggota KSOP Labuan Bajo sebanyak 3 orang.

Edy Suryono menjelaskan, karamnya kapal motor tersebut disebabkan karena mengalami kebocoran dan pompa air yang tidak berfungsi.

"Pompa air pembuangan tidak berfungi dengan baik disertai kapal bocor di bagian belakang," jelasnya.

Edy menjelaskan, perahu motor itu dimiliki oleh Rasid yang dikemudikan oleh Dandi.

Dandi, lanjut Edy, mengemudikan perahu motor hingga kurang lebih 2 mill Dermaga Labuan Bajo, tiba-tiba kapal berat dan berasap.

Selanjutnya, Dandi memeriksa kamar mesin dan ia terkejut air laut sudah banyak di bagian kamar mesin akibat pompa air pembuangan tidak berfungi dengan baik di sertai kapal bocor di bagian belakang.

Baca juga: Pelindo Labuan Bajo Tanam 5000 Pohon Mangrove di Kawasan Pelabuhan Multipurpose

"Pak Dandi menginformasikan ke penumpang bahwa air laut masuk di bagian mesin penumpang langsung panik dan mengambil life jaket masing-masing untuk keselamatan," ungkap Edy.

Perahu motor tersebut mengalami oleng karena muatan banyak dan gelombang tinggi. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. "Dalam kejadian ini tidak ada  korban jiwa," katanya.(*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved