Berita Kota Kupang

Polresta Kupang Kota Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Demikian penyampaian Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto dalam acara Ngopi (Ngobrol Pinggiran) bareng masyarakat

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/CHRISTIN MALEHERE
Suasana Ngopi Bareng Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto bersama masyarakat di halaman parkiran Hypermart Kupang, Sabtu 26 November 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) maka Polri membutuhkan komunikasi dan kolaborasi dengan masyarakat.

Terhadap hal ini Polresta Kupang Kota sangat terbuka terhadap berbagai kritikan dan keluhan masyarakat serta akan segera menindaklanjuti berbagai keluhan masyarakat ditindaklanjuti demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Demikian penyampaian Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto dalam acara Ngopi (Ngobrol Pinggiran) bareng masyarakat di halaman parkiran Hypermart Kupang, Sabtu 26 November 2022 malam.

Baca juga: Pesta Raya Flobamoratas, PRF 2022 Polresta Kupang Kota Siapkan 115 Personil Keamanan

Kapolresta Kupang Kota mengatakan tren gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polresta Kupang Kota berdasarkan hasil identifikasi berupa pelanggaran lalu-lintas, aksi balap liar, perkara miras, serta pesta sampai tengah malam.

Pelanggaran lalu-lintas bukan sekedar tidak memakai helm, tapi juga kehadiran anggota Polri untuk mengingatkan masyarakat bahwa ada aturan dan norma hukum yang mengatur hak dan kewajiban masyarakat dalam berlalu-lintas di jalan raya.

Dalam hal ini, Polresta Kupang Kota menekankan kewajiban masyarakat untuk memakai helm saat berkendara di jalan raya, ke sekolah, tempat ibadah dengan tujuan agar meminimalisir fatalitas saat terjadi lakalantas di jalan raya.

"Penggunaan helm wajib hukumnya, sehingga kami setiap saat selalu mengingatkan masyarakat agar selalu tertib dan menghindari pelanggaran kasat mata, sehingga masyarakat mampu menjaga keselamatan dirinya sendiri serta orang lain," ungkap Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto.

Demikian pula persoalan minuman keras, aksi premanisme, balap liar, serta pesta hingga tengah malam juga menjadi atensi dari Polresta Kupang Kota demi menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Terkait masalah tilang yang kerapkali menjadi keluhan masyarakat, sebenarnya Tilang berarti bukti pelanggaran dalam selembar kertas blanko tilang, sedangkan yang dilakukan oleh anggota itu kegiatan kepolisian.

Artinya, setiap kegiatan rutin kepolisian yang dilakukan setiap saat baik pagi, siang, malam, atau subuh dan berlanjut menjadi kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan.

Baca juga: Mayat Terbakar di Liliba, Hasil Tes DNA Identik, Polresta Kupang Kota Panggil Orang Tua Korban

Berbeda dengan Kegiatan operasi kepolisian dalam waktu khusus dengan personel, sasaran, dan anggarannya tertentu dengan jangka waktu selama 14 hari, misalnya Operasi Zebra 2022, ada plang, dan tindakan berupa teguran dan penilangan serta pembayarannya melalui elektronik.

Sementara untuk kegiatan operasi untuk mengurangi kemacetan dan apabila ditemukan adanya pelanggaran kasat mata maka akan diberikan tindakan berupa teguran atau penilangan. 

Upaya langkah-langkah dari Petugas Kepolisian untuk menghentikan kendaraan atau masyarakat yang melanggar aturan lalu-lintas, tujuannya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat sehingga dapat meminimalisir lakalantas atau menghindarkan masyarakat dari segala bentuk kejahatan di jalan.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved