Berita NTT

Dewan Juri Festival Desa Binaan Bank NTT Tanam Perdana Padi Gogo di Wetana Sumba Barat

Bobby Lianto dalam sambutannya menyampaikan masyarakat Wetana harus bersyukur karena Tuhan telah memberkati Wetana dengan tanah yang sangat subur

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO/BOBBY LIANTO
FOTO BERSAMA - Dewan juri Festival Desa Binaan Bank NTT, Bobby Lianto Foto bersama setelah penanaman perdana padi Gogo di Wetana, Sumba Barat pada Sabtu, 26 November 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Asti Dhema

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dewan juri Festival Desa Binaan Bank NTT, Bobby Lianto melakukan tanam perdana padi gogo di Desa Wetana, Kecamatan Lamboya Barat Kabupaten Sumba Barat.

Tanam perdana padi gogo atau padi ladang ini dilakukan Bobby Lianto bersama Bupati Sumba Barat yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Sumba Barat, Jantje  Lakumau, SP dan pimpinan cabang Bank NTT Waikabubak dan Kasubdiv Parekraf & Desa Binaan, Reinhart Djo beserta jajarannya.

Bobby Lianto dalam sambutannya menyampaikan masyarakat Wetana harus bersyukur karena Tuhan telah memberkati Wetana dengan tanah yang sangat subur dan sangat spesial.

Baca juga: Napan TTU, Desa Binaan Bank NTT di Perbatasan RI-RDTL yang Kaya Aneka Produk

"Dari tanah ini telah menghasilkan pertanian dan perkebunan yang sangat spesial seperti Kakao  yang telah menjadi  Salah satu Kakao Terbaik di dunia berasal dari Wetana, begitupun ada Ubi yang terbaik dari dulu yang terbaik hanya jika di tanam di  wetana, begitupun  Padi Gogo yang di tanam di Tanah Wetana, Gaura dan sekitarnya yang memiliki wangi khusus pandan serta citarasa seperti beras pulen dan tidak bisa di dapati jika di tanam di luar lahan ini," ungkap Bobby Lianto, Sabtu 26 November 2022.

Melihat potensi ini, Kadin NTT melalui Kadin Sumba Barat akan membuat packaging khusus untuk Beras Premium Limited ini agar dapat menjadi oleh-oleh dan untuk menjaga Kualitas beras tersebut maka akan di-vacum sehingga wanginya tidak hilang.

Baca juga: Napan, Desa Binaan Bank NTT di Perbatasan RI-RDTL yang Kaya akan Aneka Produk

Selain itu di packaging yang khusus itu akan tertulis Narasi tentang Beras Gogo Wetana yang spesial dan terbatas "Ini Special & Limited Edition sebab di dunia ini cuman ada sekitar 1000 ton dan itu hanya berasal dari Wetana, Semua yang Spesial dan Limited itu Mahal harganya" jelasnya.

Dalam rangkaian satu minggu perjalanan Ketum KADIN NTT di Pulau Sumba, melakukan berbagai kegiatan, dari Pelantikan KADIN Sumba Tengah, Penanaman Jagung, mengunjungi Perkebunan Kakao dan melihat potensi Pabrik Coklat dan Pabrik Kopi serta Pabrik Co-Firing pengganti Batu Bara dan sebagai Dewan Juri Desa Binaan mengunjungi 5 Desa di Kabupaten Sumba Barat mulai dari Desa Dedekadu Kecamatan Loli, Desa Waihura Kecamatan Wanukaka, Desa Loko Ry Kecamatan  Tanahnya, Desa Rajaka Kecamatan Lamboya serta di tutup dengan Penanaman Perdana padi Gogo di  Desa Wetana Kecamatan Lamboya Barat. (dhe)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved