Breaking News:

Timor Leste

Ramos Rorta Kagumi Pariwisata Labuan Bajo: Saya Bangga NTT Punya Destinasi yang Mendunia

Ramos Horta, Presiden Timor Leste ternyata diam-diam mengagumi destinasi wisata Labuan Bajo-NTT ( Nusa Tenggara Timur ) yang kini sudah mendunia.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
DIPUJI RAMOS HORTA - Presiden Timor Leste Ramos Horta memuji sekaligus bangga NTT punya destinasi wisata kelas dunia. Kemajuan pariwisata Labuan Bajo itu tentunya bakal berdampak terhadap ekonomi Timor Leste. 

POS-KUPANG.COM - Ramos Horta, Presiden Timor Leste ternyata diam-diam mengagumi destinasi wisata Labuan Bajo-NTT ( Nusa Tenggara Timur ) yang kini sudah mendunia.

Ia memberikan apresiasi yang tak terhingga atas kemajuan pariwisata di daerah tersebut. Baginya, Labuan Bajo-NTT merupakan kekuatan ekonomi baru bagi negaranya, Timor Leste.

Ramos Horta menyampaikan apresiasinya tersebut baru-baru ini. Ia mengemukakan itu setelah sebelumnya melakukan pertemuan dengan Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Labuan Bajo.

Untuk diketahui, pada 22 Juli 22 lalu, Presiden Ramos Horta dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat sama-sama berada di Pelataran Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat 22 Juli 2022.

Baca juga: Ramos Horta Ternyata Masih Bisa Berbahasa Indonesia, Walau Tak Sefasih Xanana Gusmao

"Labuan Bajo sungguh luar biasa karena segala yang ada di sini. Pariwisatanya memiliki kualitas tingkat dunia," puji Horta.

Sebagai negara yang wilayahnya bertetangga dengan NTT, lanjut dia, pihaknya tentu sangat berbangga dengan kemajuan pariwisata NTT saat ini.

Oleh karena itu, lanjut dia, kemajuan Labuan Bajo bisa menjadi inspirasi bagi Timor Leste dalam menata potensi wisata di negara tersebut.

Terungkap fakta bahwa saat bertemu dengan Gubernur Viktor Laiskodat, Ramos Horta sempat membahas kebijakan ekonomi free trade zone di wilayah Perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Bahkan Ramos Horta menyambut baik rencana kebijakan free trade zone tersebut. Olehnya ia juga harus bersiap diri menyambut kebijakan zona perdagangan bebas itu.

Sementara itu, kepada Ramos Horta, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan bahwa kemajuan pariwisata Labuan Bajo merupakan buah karya pemerintah pusat.

Sinergi yang dibangunnya dengan pemerintah pusat, lanjut Viktor Laiskodat, merupakan langkah positif untuk memajukan potensi NTT.

Saat ini, katanya, pemerintah juga sangat mendukung investor yang masuk NTT. Dukungan Pemerintah Provinsi NTT itu selaras dengan kebijakan Presiden Jokowi yang tak henti-hentinya mendorong pertumbuhan ekonomi di negeri ini.

"Terima kasih dukungan penuh dari Presiden Jokowi untuk pembangunan pariwisata di NTT khususnya Labuan Bajo sebagai kawasan super premium," ujar Viktor.

Baca juga: Ramos Horta Ungkap Fakta Haru: Sampai Kapan pun Timor Leste Tak Akan Hina Indonesia

Kondisi itu, lanjut Viktor, tentu berdampak positif serta memiliki manfaat untuk daerah dan masyarakat NTT.
Adapun menurut Viktor, Timor adalah pulau kecil dengan dua negara.

Batas negara di Pulau Timor antara Indonesia dengan Timor Leste, kata dia, hanyalah terkait batas politik dan kedaulatan. Bukan batas budaya, sosial, dan ekonomi.

"Karena itu yang perlu dibangun bukan hanya aspek politiknya, tapi juga sosial budaya, ekonomi serta perdagangannya," tutur Viktor

Ia melanjutkan, free trade zone akan punya manfaat besar bagi kedua negara dan sudah disetujui Presiden Jokowi. (*)

Ikuti Pos-Kupang.Com di GOOGLE NEWS

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved