Breaking News:

Timor Leste

Tiga Keistimewaan Ini Antar Timor Leste Masuk Jadi Anggota Ke-11 ASEAN

Setelah 20 tahun lamanya Timor Leste berjuang menjadi anggota ASEAN, akhirnya negara termuda di abad 21 ini diterima juga sebagai anggota ASEAN.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
JADI ANGGOTA ASEAN - Setelah berusaha selama 20 tahun lamanya, akhirnya Timor Leste diterima sebagai anggota ASEAN. Dalam daftar negara-negara ASEAN, Timor Leste berada pada urutan ke-11. Timor Leste ini merupakan negara baru abad 21. 

POS-KUPANG.COM - Setelah 20 tahun lamanya Timor Leste berjuang menjadi anggota ASEAN, akhirnya negara termuda di abad 21 ini diterima juga sebagai anggota negara-negara di Asia Tenggara

Upaya menjadi anggota ASEAN itu sejatinya mulai dirintis sejak Timor Leste diakui sebagai negara baru, lepas dari Indonesia tahun 2002 silam.

Namun ketika memulai langkahnya, Timor Leste langsung ditolak. Negara itu diminta membenahi dulu keadaannya supaya memenuhi syarat jadi anggota ASEAN.

Setelah upaya itu dilakukan, pada tahun 2017, Timor Leste kembali mengajukan permohonan. Momen itu dianggap sangat tepat karena bertepatan dengan ulang tahun ke-50 ASEAN didirikan.

Baca juga: Judi Sabung Ayam di Timor Leste: Uang Tunai untuk Pemenang, Yang Kalah untuk Makan Malam

Akan tetapi, usaha itu belum juga membuahkan hasil. Padahal secara resmi Timor Leste mengajukan keanggotaan ASEAN pada Maret 2011.

Tapi beberapa waktu kemudian, sebuah Kelompok Kerja Dewan Koordinasi ASEAN (ACCWG) dibentuk dengan tujuan menilai kesiapan Timor Leste untuk menjadi bagian dari pengelompokan regional.

TAK BISA LUPA - Ramos Horta ungkapkan kalimat haru bahwa sampai kapan pun Timor Leste tak akan menghina Indonesia. Ungkapannya itu ternyata dilandasi sejumlah fakta tentang perjalanan panjang hingga Timor Leste lepas dari Indonesia dan kini jadi negara merdeka.
TAK BISA LUPA - Ramos Horta ungkapkan kalimat haru bahwa sampai kapan pun Timor Leste tak akan menghina Indonesia. Ungkapannya itu ternyata dilandasi sejumlah fakta tentang perjalanan panjang hingga Timor Leste lepas dari Indonesia dan kini jadi negara merdeka. (POS-KUPANG.COM)

Kelompok itu juga diberi kewenangan untuk memikirkan implikasinya bagi ASEAN, apabila negara kecil tersebut bergabung jadi anggota ASEAN.

Setelah cukup lama menunggu, setidaknya selama 20 tahun lamanya, akhirnya kabar gembira itu datang juga. Timor Leste diterima sebagai anggota ASEAN pada 11 November 2022 lalu saat KTT ASEAN di Phnom Phen Kamboja.

Pada KTT ASEAN Jumat 11 November, para pemimpin negara anggota menyepakati kebijakan penerimaan Timor Leste sebagai anggota resmi ASEAN.

Para pemimpin negara-negara di Asia Tenggara setuju untuk mengakui Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN.

Timor Leste adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang belum tergabung dalam ASEAN.

Dalam pernyataannya, para pemimpin ASEAN menegaskan, "Kami pada prinsipnya telah sepakat untuk mengakui Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN."

Langkah selanjutnya termasuk roadmap bagi Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN akan disampaikan pada konferensi tahun depan .

Timor Leste merdeka pada tahun 1999 ketika ekonomi Timor Leste hancur.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved