Berita Sumba Timur

Update Covid-19 Sumba Timur, Tujuh Kasus Baru 11 Kasus Sembuh

Sebaran kasus positif di kecamatan Kanatang berjumlah 10 kasus dan Kecamatan Pandawai berjumlah 6 kasus. 

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
KANTOR- Kantor Dinas Kesehatan Sumba Timur di Jalan Soeprapto, Payeti Kecamatan Kota Waingapu Sumba Timur 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur dilaporkan terus bertambah secara kontinu. 

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan pada Sabtu, 12 November 2022, terjadi penambahan sebanyak tujuh kasus baru. 

Posco COVID-19 Sumba Timur melaporkan, kasus baru tersebut berasal dari Kecamatan Kambera dengan 3 kasus, Kecamatan Kanatang 1 kasus, Kecamatan Pinu Pahar 1 kasus, Kecamatan Umalulu  1 kasus dan Kecamatan Kota Waingapu 1 kasus. 

Baca juga: Launching Tim dan Jersey, Pertamina Waingapu Sponsori Tim Futsal Sumba Timur Untuk Porprov 2022 

Dengan tambahan kasus tersebut maka total akumulasi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur menjadi 7.773 kasus. 

Sementara itu, pada hari yang sama juga dilaporkan terjadi penambahan 11 pasien sembuh. Kasus sembuh itu terdiri dari 5 kasus dari Kecamatan Kota Waingapu, 4 kasus dari Kecamatan Pandawai dan 2 kasus dari Umalulu. 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha mengatakan saat ini sebaran kasus positif telah ada di sembilan kecamatan dari total 22 kecamatan di Sumba Timur

Kasus terbanyak terdapat di Kecamatan Kota Waingapu dengan jumlah 56 kasus, menyusul Kecamatan Kambera dengan 29 kasus. Jumlah kasus positif itu menyebabkan dua wilayah kecamatan itu ditetapkan sebagai zona merah. 

Sementara itu, Kecamatan Pandawai dan Kecamatan Kanatang kini ditetapkan zona orange. Sebaran kasus positif di kecamatan Kanatang berjumlah 10 kasus dan Kecamatan Pandawai berjumlah 6 kasus. 

Baca juga: Lepas Kontingen Sumba Timur Untuk Porprov NTT, Bupati Khristofel Praing Minta Atlet Jaga Nama Baik 

Lima kecamatan lainnya masih berstatus zona kuning yakni Kecamatan Umalulu dengan 4 kasus positif, Kecamatan Nggoa dengan 4 kasus positif, Kecamatan Lewa dengan 3 kasus, Kecamatan Pinu Pagar dengan 3 kasus serta Kecamatan Katala Hamu Lingu dengan 1 kasus positif. 

Dari total 116 kasus positif, sebanyak 115 pasien menjalani isolasi mandiri sementara 1 pasien lain dirawat di RSUD Umbu Rara Meha.

Tinus Ndjurumbaha menyebut total akumulasi kasus positif di Kabupaten Sumba Timur sejak pertama hingga Jumat menjadi 7.773 kasus, dengan 7.518 pasien dinyatakan sembuh sementara 139 orang lainnya meninggal dunia.  

Angka positif rate Kabupaten Sumba Timur kini meningkat menjadi 9,08 persen sementara angka kesembuhan 96,72 persen. Selain itu, angka kematian bertahan 1,79 persen. 

Baca juga: Hasil Seleksi Sekda Sumba Timur Dikirim ke KASN RI

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur terus menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan kasus baru. Masyarakat diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan terutama di lokasi publik.

Selain itu, pemerintah kabupaten juga menghimbau dan terus mendorong warga untuk melakukan vaksinasi di gerai vaksin yang dibuka di setiap Puskesmas. (Ian) 

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved