Berita Manggarai Timur

Panen Buah Rambutan, Warga Tana Rata Manggarai Timur Raup Jutaan Rupiah

Mario mengatakan, omzet yang diperoleh dari hasil menjual buah rambutan hingga mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah. 

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
BERBUAH - Warga Kisol Kabupaten Manggarai Timur panen buah rambutan. Omset yang diperoleh bisa mencapai jutaan rupiah. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Warga Kisol, Kelurahan Tana Rata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur panen buah rambutan hingga meraup jutaan rupiah. 

Mario Ventura, salah satu warga Kampung Watunggong - Kisol, Kelurahan Tana Rata, kepada POS-KUPANG.COM, Kamis 10 November 2022, menerangkan, tanaman pohon rambutan sudah dibudidayakan sejak lama. Setiap tahun rambutan selalu berbuah pada bulan November hingga Maret.

"Memang tahun kemarin tidak terlalu, tapi tahun ini buahnya sangat lebat di setiap pohon," Ujar Mario diamini Wilem Nase dan sejumlah warga setempat lainya. 

Baca juga: Awas Potensi Hujan Deras di Ngada dan Manggarai Timur-NTT, BMKG: Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Mario mengatakan, omzet yang diperoleh dari hasil menjual buah rambutan hingga mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah. 

"Tergantung pohon, kalau pohon besar dan juga buahnya lebat tentu hasilnya lebih banyak. Biasanya kalau pohon kecil itu Rp 1,5 juta/pohon dan bahkan ada yang panen sampai Rp25 juta/pohon karena pohonnya besar dan berbuah banyak," Ujar Mario. 

Mario mengatakan, mereka menjual 8 buah/ikat dengan harga Rp5000. 

"Kalau beli banyak kita bisa kasih bonus,"ujarnya.

Wilem juga menambahkan, hasil buah rambutan ini tentu sangat membantu kebutuhan hidup ekonomi mereka warga setempat, selain hasil kepala, coklat dan pisang. (rob) 

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved