Berita Timor Tengah Utara

Wabup TTU Minta Peserta Kegiatan Konsultasi Publik II Revisi RTRW  Lahirkan Gagasan Konstruktif 

Wabup Eusabius Binsasi menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada para pemangku kepentingan yang telah hadir untuk mengikuti kegiatan ini

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/Dionisius Rebon 
POSE BERSAMA - Wakil Bupati TTU, Drs Eusabius Binsasi bersama Tim Ahli, Perwakilan Kodim 1618/TTU dan Kadis PUPR Kabupaten TTU pose bersama usai kegiatan pada Senin, 7 November 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Timor Tengah Utara menggelar kegiatan konsultasi publik II Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan yang digelar di Hotel Victory II, Kota Kefamenanu Kabupaten TTU, Provinsi NTT, Senin, 7 November 2022 ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati TTU, Drs. Eusabius Binsasi.

Turut ambil bagian dalam kesempatan ini, para kepala dinas lingkup Pemkab TTU, Dandim 1618/TTU atau yang mewakili, Tim ahli dari IKN Malang, Kantor Pertanahan TTU, para camat dan instansi terkait.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati TTU, Drs. Eusabius Binsasi menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada para pemangku kepentingan yang telah hadir untuk mengikuti kegiatan ini. 

Ia juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bersama Dinas PUPR Kabupaten TTU yang memfasilitasi seluruh tahapan proses penyusunan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Kabupaten TTU. 

Baca juga: Sambut HUT Republik Indonesia dan HUT Kota Kefamenanu Pemda TTU Gelar Lomba Pacuan Kuda 

Dikatakan Eusabius  Konsultasi Publik Tahap II RT/RW Kabupaten TTU ini dilaksanakan dalam rangka menjaring masukan dan saran, sekaligus sosialisasi penyusunan revisi PERDA tentang Tata Ruang Wilayah RT/RW Kabupaten TTU. 

"Kiranya kita mampu menghasilkan PERDA RT/RW yang berkualitas dan mampu mensejahterakan masyarakat TTU," ucapnya.

Konsultasi publik ini juga, kata Eusabius, menjadi ruang dan kesempatan bagi masyarakat luas dan para pemangku kepentingan untuk mencermati dan memberi masukan terhadap sebuah rancangan peraturan daerah. 

Idealnya, pelaksanaan konsultasi publik dilakukan di seluruh wilayah dan menjangkau seluruh pemangku kepentingan serta seluruh anggota masyarakat yang akan terkena dampak oleh adanya Peraturan Daerah  tersebut. 

Oleh karena itu, seluruh pemangku kebijakan/stakeholders yang sudah diundang dalam forum ini dapat memberi masukan yang sifatnya membangun. 

Selain itu, lanjutnya, penataan ruang wilayah merupakan persoalan penting guna mewujudkan keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan, keterpaduan penggunaan sumber daya alam dan sumber daya buatan serta terwujudnya pelindungan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif lingkungan akibat pemanfaatan ruang. 

Baca juga: Pemda TTU Bangun Terobosan Baru Tangani Stunting

Eusabius menegaskan bahwa, bertolak pada pentingnya pembangunan berkelanjutan sebagai upaya menjamin keutuhan lingkungan hidup serta kualitas hidup manusia di Kabupaten TTU, maka strategi dan arah kebijakan Revisi RT/RW TTU 2022 2024 diharapkan dapat berjalan dengan baik dan saling bersinergi pada seluruh wilayah Kabupaten. 

"Saya sangat mengharapkan agar Ranperda Revisi RT/RW ini benar-benar menjadi solusi terbaik terhadap permasalahan pembangunan di daerah ini," urai Eusabius.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved