Berita Sumba Timur

Ledakan Kasus Covid-19 di Sumba Timur, Total 58 Pasien, Dua Kecamatan Zona Merah

Selain Kecamatan Kota Waingapu, zona merah juga berlaku bagi Kecamatan Kambera dengan sebaran 12 kasus positif di 4 Kelurahan.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/DOK POS KUPANG
PEBECAK - Seorang pebecak melintas di Kantor Kecamatan Kota Waingapu Sumba Timur, Selasa 8 November 2022 pagi. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Ledakan kasus positif Coronavirus atau COVID-19 kembali terjadi di Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Pada pekan pertama November, kasus positif Covid-19 naik hingga 300 persen dibanding jumlah kasus positif pada akhir Oktober yakni 12 kasus positif. 

Dalam dua hari terakhir, terdapat 29 kasus positif baru berdasarkan pemeriksaan sampel PCR/TCM dan rapid antigen. Jumlah kasus baru itu menjadikan akumulasi kasus positif Covid-19 Sumba Timur menjadi 58 kasus. 

Baca juga: Gerai Vaksinasi Sumba Timur Dibuka di Desa Kuta dan Puskesmas Kambaniru

Lonjakan kasus positif Coronavirus atau Covid-19 telah mulai terjadi sejak akhir Oktober. 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha mengatakan jumlah kasus positif itu menyebabkan dua wilayah kecamatan ditetapkan sebagai zona merah

Kota Waingapu ibukota Kabupaten Sumba Timur menjadi zona merah Covid-19 dengan sebaran kasus positif sebanyak 28 kasus di 4 kelurahan. Kelurahan Kambajawa menyumbang 14 kasus, Kelurahan Hambala 8 kasus, Kelurahan Kamalaputi 4 kasus dan Kelurahan Matawai 2 kasus. 

Selain Kecamatan Kota Waingapu, zona merah juga berlaku bagi Kecamatan Kambera dengan sebaran 12 kasus positif di 4 Kelurahan.

Kelurahan Wangga dan Kelurahan Prailiu masing masing 4 kasus, Kelurahan Kambaniru 3 kasus dan Kelurahan Mauliru 1 kasus. 

Baca juga: Warga Kambajawa Sumba Timur Apresiasi Pendekatan Pelayanan Pajak Melalui Jempola 

Sementara itu, Kecamatan Pandawai ditetapkan zona orange. Sebaran kasus positif di wilayah itu sebanyak 6 kasus yakni 4 kasus di Kelurahan Kawangu, serta masing masing 1 kasus di Desa Laindeha dan Desa Kadumbul. 

Empat kecamatan lainnya masih berstatus zona kuning yakni Kecamatan Nggoa dengan 4 kasus positif, Kecamatan Umalulu dengan 3 kasus positif, Kecamatan Kanatang dengan 3 kasus positif dan kecamatan Lewa dengan 2 kasus positif. 

Selain tambahan kasus baru, juga dilaporkan 4 kasus sembuh pada Senin, yakni 2 kasus sembuh dari Kecamatan Kota Waingapu dan 2 kasus sembuh dari Kecamatan Kambera. 

Sementara itu, juga dilaporkan  1 kasus meninggal dunia dari Kecamatan Kota Waingapu. 

Dari total pasien positif, sebanyak 53 pasien menjalani isolasi mandiri sementara 5 pasien lain dirawat di RSUD Umbu Rara Meha.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Sumba Timur Melonjak, Tambahan 10 Kasus Baru Dalam Sehari

Tikus Ndjurumbaha menyebut total akumulasi kasus positif di Kabupaten Sumba Timur sejak pertama hingga Selasa menjadi 7.699 kasus, dengan 7.504 pasien dinyatakan sembuh sementara 137 orang lainnya meninggal dunia.  

Angka positif rate Kabupaten Sumba Timur kini meningkat menjadi 9,01 persen sementara angka kesembuhan 97,47 persen. Selain itu, angka kematian bertahan 1,78 persen. 

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur terus menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan kasus baru. Masyarakat diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan terutama di lokasi publik. (Ian)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved