Berita Manggarai Barat

Lantik Kapala Desa Gurung, Bupati Mabar Kembali Singgung Soal Stunting

Kades terpilih yang dilantik adalah Jersianus Regorianta, ia terpilih usai memperoleh suara terbanyak dalam ajang Pilkades yang digelar serentak

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
LANTIK- Suasana pelantikan Kepala Desa Garung oleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi yang disaksikan unsur Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat dan warga pada Selasa 8 November 2022.   

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi melantik Kepala Desa Gurung, Kecamatan Welak periode 2022-2028. Selasa 8 November 2022.

Kades terpilih yang dilantik adalah Jersianus Regorianta, ia terpilih usai memperoleh suara terbanyak dalam ajang Pilkades yang digelar serentak beberapa waktu lalu.

Kepada Kades yang baru dilantik, Bupati yang akrab disapa Edi Endi itu kembali menyinggung soal Stunting, sebagaimana yang selalu ia sampaikan ketika berkunjung ke desa-desa. Ini sebagai bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam percepatan penurunan angka Stunting.

Menurut Bupati Edi Endi, Kades merupakan garda terdepan untuk menyelesaikan masalah Stunting, mulai dari kebijakan hingga langkah pencegahan yang dimulai dari desa.

"Negara sangat konsen menyelesaikan tentang Stunting, dan kita semua dituntut untuk menyelesaikan itu," kata Bupati Edi Endi.

Berdasarkan data, Desa Gurung merupakan salah satu desa penyumbang angka Stunting yang tinggi, yakni 40 persen. Untuk itu, Bupati menghimbau agar Kades yang baru dilantik memperhatikan yang namanya gizi anak dan asupan ASI ekslusif.

Baca juga: Stunting di Belu Capai 13,7 Persen, Pemkab Belu Gelar Rekonsiliasi Stunting

"Beri Asi ke anak itu minimal dua tahun baru lepas. Jangan baru dua bulan langsung sole, karena Asi ekslusif sangat penting untuk pertumbuhan anak," imbuhnya.

Bupati Edi Endi menjelaskan, pemerintah berkomitmen menurunkan angka Stunting di Kabupaten Mabar dari 15,9 persen menjadi 9 persen pada Februari 2023. Untuk mencapai target itu, perlu kerja sama dari semua pihak mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Ia juga mendorong masyarakat agar memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam sayur hingga buah-buahan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Ketika ekonomi masyarakat meningkatkan, angka kemiskinan akan turun, begitupun angka Stunting.

"Piara juga hewan seperti ayam dagingnya bisa dimakan untuk penyokong gizi anak. Terkadang kita selalu mengambil jalan pintas dengan makan mie. Tanpa kita sadari itu yang menyebabkan anak menjadi Stunting," ujarnya.

Bupati kemudian menjelaskan bahwa negara saat ini sedang menyiapkan generasi emas atau bonus demografi. Hal ini tentu harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) andal agar mampu menjadi Indonesia Emas dalam 23 tahun mendatang.

"Saya yakin di tangan pak Kades akan bermunculan generasi emas tersebut," kata dia.

Baca juga: Optimalkan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting, Wabup Sumba Barat Ikut Rakor Penurunan Stunting

Bupati kemudian menyinggung soal pemanfaatan BUMdes. Menurutnya BUMdes bisa menjadi motor penggerak roda ekonomi desa jika dimanfaatkan secara baik.

"Beri penyertaan modal terhadap BUMdes dan fokus pada usahanya, kalau memang itu untuk kepentingan masyarakat lakukan itu. Bentuk kepengurusannya diberikan kepada orang-orang yang berkompeten dan kades berperan untuk mengawasi," tegas dia.

Bupati Edi Endi berharap seluruh kepala desa di Manggarai Barat harus menjadi pemersatu berbagai kelompok kepentingan masyarakat desa serta bisa memimpin desa dengan pola kepemimpinan yang kreatif dan inovatif.

Pada hari yang sama Bupati Edi Endi juga melantik Stefanus Hadur, Kepala Desa terpilih Desa Orong  Kecamatan Welak Kabupaten Manggarai Barat.
Turut mendampingi Bupati Edi Endi dalam pelantikan tersebut, Wakil DPRD Mabar Darius Angkur, pimpinan OPD, unsur forkopimda dan forkopimcam.

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved