Timor Leste

Angkatan Udara Baru Timor Leste Mendapat Bantuan Pesawat Cesna 206

Angkatan Udara militer Timor Leste bertambah dua kali lipat berkat penambahan pesawat Cessna lainnya.

Editor: Agustinus Sape
Kedutaan Besar AS di Dili
PESAWAT CESNA 206- Angkatan Udara Timor Leste mendapat bantuan pesawat Cesna 206 dari Amerika Serikat. Dengan penambahan tersebut, komponen udara militer Timor Leste bertambah dua kali lipat. 

POS-KUPANG.COM - Angkatan Udara militer Timor Leste bertambah dua kali lipat berkat penambahan pesawat Cessna lainnya.

Setelah mencapai kemerdekaan pada tahun 2002, Timor-Leste mengandalkan layanan udara yang didanai asing. Namun, Angkatan Pertahanan Timor-Leste ( F-FDTL) akan menerima pesawat Cessna 206 untuk membantu memperkuat Angkatan Udara Timor Leste yang kecil.

AS memasok pesawat itu, dan personel militer Timor Leste sekarang berlatih di Plymouth, Massachusetts.

Cessna tahun 2019 vintage menyandang nomor seri 'N962CS'. Pesawat bekas yang dicat abu-abu akan bergabung dengan satu Cessna 172P yang sudah dioperasikan oleh F-FDTL.

Nomor registrasi 206 milik Technology Services Corporation (TSC), yang mengoperasikan beberapa pesawat pengintai di wilayah tersebut atas nama AS.

Tentang Pasukan Pertahanan Timor Leste

Pasukan Pertahanan Timor Leste (bahasa Tetun: Forcas Defesa Timor Lorosae, bahasa Portugis: Forças de Defesa de Timor Leste atau Falintil-FDTL, sering juga disingkat sebagai F-FDTL) adalah angkatan bersenjata yang bertugas untuk mempertahankan dan melindungi Timor Leste.

F-FDTL didirikan pada Februari 2001, terdiri dari dua batalyon infanteri angkatan darat, satu komponen kecil angkatan laut dan beberapa unit pendukung.

Peran utama F-FDTL adalah melindungi Timor Leste dari ancaman luar negeri. Ia juga memiliki peran keamanan dalam negeri, yang tumpang tindih dengan Polícia Nacional de Timor Leste (PNTL). Tumpang tindih peran ini telah menyebabkan ketegangan antara kedua pihak.

Masalah F-FDTL memuncak pada tahun 2006, ketika itu hampir setengah pasukan diberhentikan dan diikuti dengan aksi protes atas diskriminasi dan kondisi yang buruk. Pemecatan berkontribusi terhadap keruntuhan secara umum baik dari F-FDTL dan PNTL pada bulan Mei dan memaksa pemerintah untuk meminta pasukan penjaga perdamaian asing untuk memulihkan keamanan. F-FDTL saat ini sedang dibangun kembali dengan bantuan asing dan telah menyusun rencana jangka panjang pengembangan kekuatan.

Peran

Konstitusi Timor Leste mengamanatkan bahwa F-FDTL bertanggungjawab untuk melindungi negara dari serangan luar. Konstitusi menyatakan bahwa F-FDTL "akan menjamin kemerdekaan nasional, integritas wilayah dan kebebasan dan keamanan penduduk terhadap setiap agresi atau ancaman eksternal, dalam menghormati tatanan konstitusional."

Konstitusi juga menyatakan bahwa F-FDTL "harus nonpartisan dan harus berutang ketaatan kepada organisasi yang kompeten atas kedaulatan sesuai dengan konstitusi dan undang-undang, dan tidak akan mencampuri urusan politik."

Polisi Nasional Timor Leste (atau PNTL) dan pasukan keamanan sipil yang diberikan tanggung jawab untuk keamanan dalam negeri.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved