Timor Leste

Amerika Beri Bantuan Pesawat ke Timor Leste Lalu Gelar Pelatihan Militer di Massachusetts-AS

Presiden Joe Bidden melalui Departemen Pertahanan Amerika Serikat membantu Angkatan Udara Timor Leste dengan memberikan pesawat cessna 206.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
TENTARA TIMOR LESTE - Parade militer kebanggaan Timor Leste. Saat ini Departemen Pertahanan Amerika Serikat membantu armada penerbangan untuk angkatan udara negara tersebut. Sejumlah personel militer Timor Leste juga sedang diikutkan dalam latihan militer di Massachusetts, Amerika Serikat. 

POS-KUPANG.COM - Presiden Joe Bidden melalui Departemen Pertahanan Amerika Serikat membantu Angkatan Udara Timor Leste dengan menambah pesawat cessna 206.

Pesawat tersebut diberikan kepada Pemerintah Timor Leste untuk memperkuat Angkatan Udara negara yang baru pisah dari Indonesia tahun 2002 tersebut.

Sementara untuk meningkatkan kemampuan militer angkatan udara, para tentara dari negara tersebut dilatih dan digembleng di Massachusetts, sebuah negara bagian di Amerika Serikat.

Untuk diketahui, setelah merdeka tahun 2002, Timor Leste terus berbenah diri. Pembangunan di pelbagai bidang terus dilakukan, meski pertumbuhannya relatif lambat.

Baca juga: Apa Perbedaan Pendekatan Timor Leste dan Timor Barat terhadap Malaria Dapat Memberitahu Kita?

Sedangkan untuk menambah kekuatan militer di negara tersebut, Amerika Serikat senantiasa mengucurkan bantuan. Selain armada penerbangan, AS pun terus mengasah kemampuan awak tentara negara itu.

Lantaran pelatihan terus dilakukan dibarengi pula dengan penambahan fasilitas kemiliteran, sehingga kekuatan Timor Leste terus meningkat dari waktu ke waktu.

Untuk diketahui, sejak merdeka sampai saat ini, Timor Leste masih mengandalkan bantuan luar negeri. Hampir semua aspek di negara itu, didanai oleh asing.

Bantuan armada penerbangan dan pelatihan sejumlah tentara, merupakan bagian dari bantuan asing untuk meningkatkan kemampuan negara itu.

Saat ini, Angkatan Pertahanan Timor-Leste (F-FDTL) akan menerima pesawat Cessna 206, untuk membantu memperkuat Angkatan Udara Timor Leste.

Cessna tahun 2019 vintage itu menyandang nomor seri 'N962CS'. Pesawat bekas yang dicat abu-abu itu, akan bergabung dengan satu Cessna 172P yang sudah dioperasikan F-FDTL.

Nomor registrasi 206 milik Technology Services Corporation (TSC), yang mengoperasikan beberapa pesawat pengintai di wilayah tersebut atas nama AS.

Pasukan Pertahanan Timor Leste

Pasukan Pertahanan Timor Leste dalam bahasa Tetun disebut Forcas Defesa Timor Lorosae. Dalam bahasa Portugis: Forças de Defesa de Timor Leste.

Baca juga: Dubes RI Untuk Timor Leste, Okto Manik Bertemu Bupati Belu

Forças de Defesa de Timor Leste ini biasa disebut juga Falintil-FDTL atau sering disingkat sebagai F-FDTL. F-DTL merupakan angkatan bersenjata yang bertugas mempertahankan dan melindungi Timor Leste.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved