Pilpres 2024

Anies Baswedan Pasang Tiga Kriteria Bagi Sosok Calon Wakil Presiden yang Mendampinginya

Anies Baswedan, calon presiden dari Partai NasDem, telah memasang tiga kriteria bagi sosok calon wakil presiden yang akan mendampinginya saat Pilpres.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
KRITERIA CAWAPRES - Anies Baswedan memasang tiga kriteria bagi sosok yang akan dipilih menjadi calon wakil presiden untuk mendampinginya pada Pilpres 2024 mendatang. 

POS-KUPANG.COM - Anies Baswedan, calon presiden dari Partai NasDem, telah memasang tiga kriteria bagi sosok calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024 nanti.

Tiga kriteria itu terkait arah perjuangannya dalam meraih kursi yang bakal ditinggalkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tahun 2024 mendatang.

mantan Gubernur DKI Jakarta itu membeberkan hal tersebut seusai meresmikan Relawan IndonesiAnies di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 2 November 2022.

Dalam memilih calon wakil presiden, Anies Baswedan yang juga Mantan Mendikbud RI itu menegaskan, ada tiga kriteria yang harus dimiliki calon pasangannya tersebut.

Baca juga: Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo? Begini Jawaban Ridwan Kamil terkait Peluangnya di Pilpres 2024

"Satu, membantu pemenangan. Kedua, membantu stabilitas koalisi dan ketiga, efektivitas pemerintahan," tegas Anies Baswedan.

Meski saat ini Anies Baswedan sedang memikirkan sosok yang akan mendampinginya sebagai calon wakil presiden, namun pada bagian lain, ia juga masih menunggu pembicaraan dengan PKS dan Demokrat terkait pengusungan dirinya menjadi calon presiden menggantikan Jokowi.

LEBIH DAHSYAT - Zulfan Lindan, politisi Partai NasDem mengungkapkan hasil kajian yang dilakukan partai tersebut sebelum menetapkan Anies Baswedan jadi calon presiden 2024. Disebutkan bahwa nanti, kemajuan Indonesia akan lebih dahsyat dari masa kepemimpinan Presiden Jokowi.
LEBIH DAHSYAT - Zulfan Lindan, politisi Partai NasDem mengungkapkan hasil kajian yang dilakukan partai tersebut sebelum menetapkan Anies Baswedan jadi calon presiden 2024. Disebutkan bahwa nanti, kemajuan Indonesia akan lebih dahsyat dari masa kepemimpinan Presiden Jokowi. (POS-KUPANG.COM)

Saat ini, Anies Baswedan telah mengantongi dukungan dari Partai NasDem. Namun belum ada kepastian soal dukungan dari Partai Demokrat dan PKS ( Partai Keadilan Sejahtera ).

"Iya tentu bahwa saat ini partai yang mendeklarasikan pencalonan adalah partai NasDem. Dua partai lain sedang dalam pembicaraan yaitu PKS dengan Demokrat," ujarnya.

Dia juga berharap agar Partai Demokrat dan PKS bisa bekerjasama untuk mengusungnya pada perhelatan politik pada 2024 mendatang.

"Sekarang ini saya ajak semuanya untuk bekerja bersama dengan partai pengusung. Yang sudah berjalan saatini adalah NasDem. Harapannya PKS, kemudian Demokrat, pada waktunya bisa bekerja bersama," sambungnya.

Saat ini, katanya, dirinya menghormati proses yang berjalan. Begitu juga dengan berjalannya proses koalisi NasDem, Demokrat dan PKS.

"Kita menghormati proses yang ada di dalam setiap partai. Partai NasDem sudah berproses sejak bulan Juni ketika Rakernas, kemudian berujung pada keputusan pada awal Oktober. Partai PKS, kemudian Demokrat sekarang sedang berproses," tutupnya.

Baca juga: Pilpres 2024, Jusuf Kalla Sebut Kriteria Cawapres Anies Baswedan

Belum Punya Calon Wapres

Calon Presiden (Capres) yang dideklarasikan Partai NasDem, Anies Baswedan angkat bicara terkait bakal calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024 mendatang.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved