Berita Sumba Timur

Potensi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Selatan Sumba - Sabu, Nelayan Diminta Waspada

Samudera Hindia bagian Selatan Sumba dan Sabu. Tinggi gelombang beresiko terhadap kapal nelayan dan tongkang. 

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
ILUSTRASI - Perahu nelayan di Pulau Saluran, Pulau yang berada di sisi selatan Sumba Timur.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang kembali mengimbau masyarakat nelayan dan para pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut. 

Berdasarkan informasi peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan pada Senin 31 Oktober 2022, gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur. 

Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang menyebut gelombang dengan tinggi 2,5 hingga 3 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia bagian Selatan Sumba dan Sabu. Tinggi gelombang beresiko terhadap kapal nelayan dan tongkang. 

Baca juga: Citilink Kembali Layani Penerbangan ke Sumba Timur, Kini ke Waingapu Dilayani Lima Maskapai

Sementara itu, Gelombang laut dengan ketinggian berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter juga berpotensi terjadi di Selat Sumba Bagian Barat dan Laut Sawu. Tingginya gelombang laut itu beresiko terhadap kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar. 

"Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, perahu nelayan dan kapal tongkang, kapal ferry dan kapal ukuran besar" demikian rilis yang diterima POS-KUPANG.COM

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. 

Sementara itu, Stasiun Meteorologi El Tari Kupang juga mengeluarkan peringatan potensi angin kencang yang kering di musim kemarau. Angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari arah Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 5-20 knot. 

Cuaca Waingapu dan Sekitarnya

Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur merilis prakiraan cuaca untuk Kota Waingapu dan sekitar berawan hingga hujan disertai petir pada hari ini, Senin 31 Oktober 2022.

Baca juga: Bupati Sumba Timur Lantik Come Rihi Jadi Kades Kadumbul 

Demikian pula dengan  lokasi wisata Sumba Timur seperti Pantai Puru Kambera, Pantai Walakiri, Pantai Watuparunu, Pantai Tarimbang, Air Terjun Tanggedu dan Air Terjun Waimarang. Cuaca cenderung berawan hingga hujan sejak pagi hingga malam hari. (Ian) 

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved