Berita Internasional

Bencana Halloween Seoul yang Mematikan, Apa yang Kita Tahu?

Pada Sabtu 29 Oktober 2022 malam, puluhan ribu orang membanjiri daerah di pusat kota Seoul untuk merayakan Halloween

Editor: Agustinus Sape
ISTIMEWA
HALLOWEN SEOUL -Suasana pasca pesta Halloween Seoul di Itaewon Korea Selatan, Minggu 30 Oktober 2022. Sekitar 151 orang meninggal dan 82 luka-luka. 

POS-KUPANG.COM - SEOUL, KOREA SELATAN - Sebagian besar akhir pekan, gang-gang sempit Itaewon, distrik kehidupan malam yang diterangi lampu neon di ibu kota Korea Selatan, Seoul, sibuk dengan pengunjung pesta dan turis. Sekarang ini adalah lokasi salah satu bencana terburuk di negara itu.

Pada Sabtu 29 Oktober 2022 malam, puluhan ribu orang membanjiri daerah di pusat kota Seoul untuk merayakan Halloween - tetapi kepanikan meletus ketika kerumunan membengkak, dengan beberapa saksi mengatakan menjadi sulit  bernapas dan tidak mungkin untuk bergerak.

Setidaknya 151 tewas dalam kecelakaan itu, dengan puluhan lainnya terluka. Pihak berwenang sekarang telah meluncurkan penyelidikan mendesak untuk mencari tahu bagaimana apa yang seharusnya menjadi malam perayaan menjadi sangat salah, ketika keluarga di seluruh negeri berduka dan mencari orang-orang terkasih yang hilang.

Inilah yang kami ketahui sejauh ini.

Mengapa kerumunan begitu besar?

Itaewon telah lama menjadi tempat populer untuk merayakan Halloween, terutama karena liburan ini menjadi lebih populer di Asia dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa bahkan terbang ke Seoul dari negara lain di wilayah tersebut untuk perayaan tersebut.

Tetapi selama dua tahun terakhir, perayaan diredam oleh pembatasan pandemi pada ukuran kerumunan dan wajib masker.

Sabtu malam menandai Halloween pertama sejak negara itu mencabut pembatasan ini – memberikannya arti khusus bagi banyak peserta yang bersemangat di Seoul, serta pengunjung internasional termasuk penduduk asing dan turis.

Hotel dan acara bertiket di lingkungan itu telah dipesan jauh-jauh hari sebelumnya, dan diharapkan banyak orang.

Apa yang terjadi?

Saksi mata mengatakan kepada CNN bahwa sangat sedikit – jika ada – pengendalian massa sebelum massa berubah menjadi mematikan.

Video dan foto yang diposting ke media sosial menunjukkan orang-orang berdesakan, berdiri bahu-membahu di jalan sempit.

Kerumunan tidak biasa untuk daerah itu, atau bagi penduduk Seoul, yang terbiasa dengan kereta bawah tanah yang penuh sesak dan jalan-jalan di kota berpenduduk hampir 10 juta itu.

Seorang saksi mata mengatakan butuh beberapa waktu bagi orang untuk menyadari ada sesuatu yang salah, dengan teriakan panik orang-orang bersaing dengan musik yang menggelegar dari klub dan bar di sekitarnya.

Baca juga: Halloween Seoul, Video Viral Instagram, Ratusan Orang Berdesakan Saat Rayakan Halloween

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved