Kapal Cantika 77 Terbakar

Kapal Cantika 77 Terbakar, Ombudsman NTT Dorong Lakukan Investigasi

Kepala Ombudsman RI perwakilan NTT, Darius Beda Daton, mengatakan, aspek keselamatan berlayar harus menjadi perhatian utama dari seluruh stakeholder. 

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO
KORBAN - Mayat korban Kapal Cantika 77 Terbakar telah dimasukkan ke dalam kantong jenazah dan berada di kapal Basarnas Kupang. Kapal Cantika 77 terbakar saat berlayar dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju Kabupaten Alor, Senin 24 Oktober 2022.   

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pasca tragedi Kapal Cantika 77 Terbakar yang menewaskan 17 orang,  Ombudsman RI perwakilan NTT mendorong agar dilakukan investigasi lebih lanjut tentang kejadian itu. 

Diketahui Kapal Cantika 77 Terbakar Senin 24 Oktober 2022 siang di perairan Pulau Timor ketika bertolak dari Kupang ke Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT. 

Kepala Ombudsman RI perwakilan NTT, Darius Beda Daton, mengatakan, aspek keselamatan berlayar harus menjadi perhatian utama dari seluruh stakeholder. 

Sejumlah unsur itu seperti Dinas Perhubungan provinsi untuk kelengkapan syarat memperoleh ijin operasi kapal, KSOP/Syahbandar dalam memberikan ijin berlayar wajib memperhatikan kelaikan kapal.

"Bagi pemilik/pengelola kapal agar memperhatikan kelengkapan aspek keselamatan kapal berupa jumlah skoci kapal, live jaket, alat pemadam kebakaran, alarm/sirene darurat dan SOP pelayaran lainnya," jelasnya, Selasa 24 Oktober 2022. 

Ia menegaskan, perlu investigasi lebih lanjut. Darius mempertanyakan manifest kapal hanya tertulis 167 penumpang sementara yg ditemukan sudah lebih dari 300 penumpang. 

"Mengapa sisa penumpang tidak ada dimanifest. Ini berkaitan dengan asuransi kecelakaan dan lainnya," tegasnya. 

Baca juga: Kapal Cantika 77 Terbakar, Ini Daftar 17 Korban yang Ditemukan Tim SAR

Darius menyebut, upaya-upaya pencegahan selalu digaungkan untuk mencegah kerusakan yang lebih besar dan menimbulkan korban jiwa seperti saat ini. 

"Butuh kedisiplinan seluruh instansi terkait melaksanakan SOP dan standar pelayanan dengan benar, bukan sekedar formalitas atau ala kadarnya," tegas Darius lagi. 

Terkait dengan saran ini, kata Darius, Ombudsman NTT akan melakukan investigasi terlebih dahulu sehingga masukan korektif yang disampaikan bisa dilaksanakan. 

Akan Evaluasi Semua Perusahaan Pelayaran

Dinas perhubungan (Dishub) NTT akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap semua perusahaan pelayaran yang ada di NTT. 

Kepala Dishub NTT, Isyak Nuka, mengaku prihatin dengan  terbakarnya KMP Cantika Lestari 77, Senin 24 Oktober 2022 siang di perairan Naikliu Kabupaten Kupang. 

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved