Tips Sehat

Dokter Yovita Gotama : Kenali dan Cegah Arthritis Sebelum Terlambat

Arthritis sendiri sebenarnya berasal dari kata Yunani yaitu arthro yang berarti sendi, dan itis yang berarti peradangan.

Editor: Alfons Nedabang
POS-KUPANG.COM/HO-YOVITA GOTAMA
dr Yovita Gotama 

POS-KUPANG.COM - Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Arthritis Sedunia.

Hari Arthritis Sedunia pertama kali diperingati oleh Arthritis Rheumatism Internasional (ARI) pada tanggal 12 Oktober 1996.

Arthritis sendiri sebenarnya berasal dari kata Yunani yaitu arthro yang berarti sendi, dan itis yang berarti peradangan.

Banyak kalangan masyarakat yang belum mengetahui apa itu Arthritis. Hal ini untuk mengenalkan dan menyadarkan pada masyarakat bahwa radang sendi merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi.

Arthritis sebenarnya terdiri dari lebih dari 100 jenis radang sendi diantaranya yang paling umum termasuk osteoarthritis (OA), gout arthritis (GA) akibat tingginya kadar asam urat, dan rheumatoid arthritis (RA).

Berdasarkan data Global RA Network pada tahun 2021 lebih dari 350 juta orang di dunia menderita radang sendi. Menurut CDC tahun 2020, di Ameriksa Serikat, 1 dari 4 orang dewasa menderita radang sendi.

Menurut Data Riskesdas tahun 2018, penyakit sendi adalah gangguan nyeri pada persendian yang disertai kekakuan, merah, dan pembengkakan yang bukan disebabkan karena benturan atau kecelakaan.

Penyakit sendi yang dimaksud termasuk osteoarthritis, gout arthritis, dan rheumatoid arthritis.

Prevalensi penyakit sendi di Indonesia berdasarkan diagnosis dokter pada penduduk umur ≥ 15 tahun sebesar 7,3 persen dengan jumlah perbandingan perempuan dan laki-laki sebesar 8,5 persen dengan 6,1 % .

Seiring bertambahnya usia prevalensi penyakit sendi juga meningkat yaitu pada kelompok usia 55 – 64 tahun sebesar 15,5 % , 65 – 74 tahun sebesar 18,6 % dan pada kelompok usia 75 tahun keatas sebesar 18,9 % . Berdasarkan dari data pekerjaan yang paling tertinggi adalah pada petani/buruh tani sebesar 9,9 % .

Berbagai jenis radang sendi memiliki gejala yang berbeda namun sebagian besar menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada sendi yang terkena bisa pada satu atau lebih sendi.

Peradangan sendi yang berat menjadi beban untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut kenali 3 jenis Arthritis yang paling sering terjadi:

Osteoarthritis

Merupakan jenis peradangan sendi yang paling umum dan sering dikaitkan dengan faktor penuaan. Faktor risiko seperti usia, kelebihan berat badan seperti obesitas, faktor hormonal pada perempuan, aktivitas fisik yang berlebihan seperti mengangkat beban berat, dan riwayat cedera sendi sebelumnya.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved