Berita Ende

Tim Visitasi Lomba Sekolah Sehat Provinsi NTT Lakukan Penilaian di MAN Nagekeo

Kedatangan tim penilai disambut dengan bheak (sapaan adat) oleh Fauzan Natsir, Guru Bahasa Indonesia MAN Nagekeo dan Tarian Jogeg Adhak

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
PENILAIAN- Tim penilai LSS Provinsi NTT melakukan penilaian di MAN Nagekeo, Kamis 6 Oktober 2022. Kedatangan tim penilai didampingi Kepala Seksi Pendis dan Bimas Islam Kemenag Nagekeo Abdurahman Karengga. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, ENDE- Tim visitasi Lomba Sekolah Sehat (LSS) Provinsi NTT melakukan penilaian di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Nagekeo, Kamis 6 Oktober 2022.

Tim penilai LSS terdiri dari dua perwakilan yaitu dari Kanwil Kemenag NTT, Hj. Rosmini Semsi SE, Kepala Sub Koordinator Seksi PAI Kanwil Kemenag NTT dan Maria Anjelika Korohama, Analisis Kebijakan Ahli Madya Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT

Kedatangan tim penilai didampingi Kepala Seksi Pendis dan Bimas Islam Kemenag Nagekeo Abdurahman Karengga.

Kedatangan tim penilai disambut dengan bheak (sapaan adat) oleh Fauzan Natsir, Guru Bahasa Indonesia MAN Nagekeo dan Tarian Jogeg Adhak oleh Sanggar Tari MAN Nagekeo dan sholawat oleh siswa-siswi MAN Nagekeo.

Sebelum melakukan penilaian, tim visitasi mengadakan acara tatap muka dengan pembina UKS MAN Nagekeo.

Baca juga: MAN Nagekeo Gelar Sosialisasi Stop Bullying

Hadir pula dalam acara tersebut yaitu, Ketua Komite MAN Nagekeo, Staf Puskesmas Danga, Staf Lurah Mbay I, Wakamad Humas, dan Para Kader OSIS MAN Nagekeo.

Menurut Kepala MAN Nagekeo Vera Kartina, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam persiapan lomba.

"Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang turut mendukung dan membantu dalam persiapan lomba ini. Terima kasih kepada Puskesmas Danga,  Ketua Komite, Pemerintah Kelurahan Mbay I, dan pihak-pihak terkait yang telah turut bekerja sama dalam memberikan dukungan dan pembinaan di MAN Nagekeo," ungkap Vera.

Sementara itu, Bhabha Kiflin Ketua Komite MAN Nagekeo  mengucapkan selamat datang kepada tim penilai Lomba Sekolah Sehat di Kabupaten Nagekeo khususnya di sekolah tersebut.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penilai LSS, Rosmini Kepala Sub Koordinator PAI Kanwil Kemenag NTT, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari sekolah tersebut.

Baca juga: Semarak Bulan Bahasa 2021, MAN Nagekeo Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan beberapa poin penilaian terkait dengan pembinaan UKS. Menurutnya, penilaian kali ini merupakan klarifikasi atas data yang telah dikirim oleh tim kabupaten.

"Penilaian kali ini merupakan klarifikasi data yang dikirim oleh tim kabupaten berupa kelayakan sarana dan prasarana, pembinaan kader-kader UKS dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di madrasah ini," paparnya.

Usai melakukan penilaian, tim penilai kemudian menyampaikan hasil verifikasi data. Menurut ketua tim penilai, secara umum MAN Nagekeo memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan sudah memenuhi standar.

"Setelah kami melakukan observasi secara umum data yang dikirim tim kabupaten sesuai dengan data yang ada di lapangan. Maksudnya MAN Nagekeo sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan memenuhi standar. Antara lain kesesuaian rasio toilet dan jumlah siswa, rasio jumlah siswa dan luas ruangan, ventilasi dan pencahayaan. MAN Nagekeo juga memaksimalkan sudut sudut madrasah menjadi hijau," paparnya.

Baca juga: Group Ampera Nasyid MAN Nagekeo Runner UP Ajang Syiar Anak Negeri Tahun 2020

Namun, di samping sarana dan prasarana yang memadai tersebut ada beberapa hal yang masih menjadi saran dan masukan dari penilai untuk pembenahan antara lain tempat pembuangan sampah sementara yang masih dekat dengan kantin, saluran air limbah kantin, bak air toilet yang masih kotor, pembinaan kader-kader terkait pemeriksaan kesehatan peserta didik, dan pengembangan pembiasaan-pembiasaan seperti senam pagi dan lain-lain.

Kegiatan penilaian tersebut diakhiri dengan mencicipi hidangan menu khas Kantin Daris yang ada MAN Nagekeo. (tom)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved