Pemilu 2024

Bawaslu Lembata Sosialisasi Kawal Hak Pilih Pemilih Disabilitas

Diharapkan penyandang disabilitas Kabupaten Lembata bisa menggunakan hak pilih dengan baik dan turut serta dalam pengawasan partisipatif

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-Humas Bawaslu Lembata
SOSIALISASI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lembata melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada Penyandang Disabilitas, di Hotel Anisa Beach Lembata, Kamis, 6 Oktober 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA- Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Lembata melaksanakan Sosialisasi pengawasan partisipatif kepada penyandang disabilitas, di Hotel Anisa Beach Lembata, Kamis, 6 Oktober 2022. 

Diharapkan penyandang disabilitas Kabupaten Lembata bisa menggunakan hak pilih dengan baik dan turut serta dalam pengawasan partisipatif dalam menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Kami ingin bersinergi dengan penyandang disabilitas untuk bersama-sama Bawaslu menyukseskan Pemilu 2024” ucap Anggota Bawaslu Lembata Lambertus Bala Kolin

Lambert menjelaskan dalam pesta demokrasi penyandang disabilitas memiliki hak pilih yang setara dengan pemilih lain dan Lambert berharap agar sarana penunjang untuk disabilitas dalam pemilu agar bisa dipastikan untuk memenuhi kebutuhan penyandang yang berbeda-beda.

Baca juga: Pilpres 2024, Anies Baswedan Diadukan ke Bawaslu, Puadi: Belum Memenuhi Syarat Pelanggaran Pemilu

Dalam Sosialisasi ini, ada 3 Narasumber yang menyampaikan materi antara lain Ketua KPU Lembata Elias Keluli Making dengan materi tentang Hak Warga Difabel, Komisioner KPU Lembata Idris Beda dengan materi Partisipasi Difabel Dalam Pemilu dan Ketua Forum Peduli Kesejahteraan Difabel dan Keluarga, Ramsia Gelu Langoday dengan materi tentang Hak-Hak Disabilitas.

Pada kesempatan ini Elias Keluli Making meminta penyandang disabilitas menjadi KPPS di pemilu mendatang.

Menurut Elias dengan kehadiran penyandang disabilitas di tempat pemilihan suara dapat membantu sesama disabilitas yang menggunakan hak pilihnya.

“Datanglah ke TPS dan pilihlah pemimpin anda carilah calon pemimpin yang bisa memberi ruang untuk penyandang disabilitas agar bisa memfasilitasi seluruh aspek penyandang Disabilitas dan Pada prinsipnya KPU berupaya memberi perlindungan maksimal kepada disabilitas,” tegas Elias.

Baca juga: Pemilu 2024, Bawaslu Sumba Timur Buka Pendaftaran calon Anggota Panitia Panwascam

Senada dengan itu Ramsia Gelu memberikan apresiasi kepada Bawaslu Lembata.

Menurut Ramsia sosialisasi yang dilakukan Bawaslu Lembata ini merupakan bentuk penghargaan untuk hak-hak penyandang disabilitas yang sering terabaikan.

Dia menjelaskan bahwa semakin banyak yang memahami dan merespon kebutuhan disabilitas maka dunia akan lebih berwarna khususnya di masa pemilihan umum.

Sementara Ketua Bawaslu Lembata Paulina Y.B Tokan di acara penutupan kegiatan mengucapkan terimakasih kepada penyandang disabilitas yang telah berpartisipasi.

Baca juga: Bawaslu Umumkan Tiga Komisioner NTT Untuk Lima Tahun Kedepan

Paulina berpesan agar penyandang disabilitas tetap bergandengan tangan dengan Bawaslu dan mejadi agen perubahan dalam menyongsong Pemilu.

Moderator Kegiatan Maria Kurniawati Liarian diakhir kegiatan mengajak seluruh peserta yang hadir untuk boleh memberikan cinta kepada para disabilitas ditanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Marlyn menyerukan motivasi juga semangat untuk menggunakan hak suaranya karena menurutnya satu suara sangat menentukan masa depan bangsa. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved