Pilpres 2024

Anies Baswedan Sanjung Pemerintahan SBY di Hadapan AHY

Calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jumat 7 Oktober 2022 pagi.

Editor: Alfons Nedabang
TRIBUNNEWS.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat 7 Oktober 2022 pagi. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jumat 7 Oktober 2022 pagi.

Gubernur DKI ini mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat di Menteng, Jakarta Pusat.

Saat bertemu AHY, Anies Baswedan memuji pemerintahan era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Anies Baswedan mulanya mengenang masa ketika SBY menjabat Presiden dua periode pada 2004-2014.

"Kita ingat bagaimana dalam perjalanan pemerintahan, demokrasi dijaga, institusi ditegakkan. Kami melihat Mas AHY meneruskan tradisi itu, yang dibangun di masa Pak SBY," ujar Anies Baswedan.

"Ketika Partai Demokrat pada waktu itu menjadi partai yang memberikan peran dominan," tambah Anies Baswedan, yang sempat menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di periode pertama Presiden Joko Widodo itu.

Anies Baswedan antas menegaskan, dia hendak menjaga tradisi tersebut bersama dengan AHY. Menurut Anies Baswedan, dia juga telah membahas hal tersebut bersama Ketua Umum Partai Demokrat itu.

"Kita ingin agar tradisi itu terus terjaga. Tradisi menjaga demokrasi, sportivitas, menjaga kesetaraan di semua aspek. Dan itu juga yang banyak kita bahas selama ini," urainya.

Anies Baswedan menegaskan, meski hendak menjaga tradisi tersebut, perubahan untuk perbaikan juga diperlukan. Dalam kesempatan itu, ia mengakui bahwa hubungannya dengan AHY sudah terjalin sejak lama.

Baca juga: Anies Baswedan Semringah Jadi Capres Partai NasDem, Terus Tebar Senyum

Menurut Anies Baswedan, dirinya sudah berinteraksi dengan putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak AHY masih berstatus TNI.

"Kami berinteraksi sudah amat panjang ketika Mas AHY di TNI, saya di kampus. Kami sudah berinteraksi, kami berinteraksi panjang, terbangun intimacy, terbangun trust," kata Anies Baswedan.

Adapun Anies Baswedan resmi diusung menjadi calon presiden (capres) Partai Nasdem. Pengumuman itu disampaikan oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

Dalam acara deklarasi itu, Surya Paloh juga membebaskan Anies Baswedan memilih calon wakil presidennya.

Sementara itu, kader Partai Demokrat mendorong AHY untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, keputusan AHY bakal menjadi capres atau cawapres dalam kontestasi elektoral mendatang belum diputuskan.

Anies Baswedan dan AHY digadang-gadang bakal dipasangkan dalam Pilpres 2024 mendatang jika bangunan koalisi Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat terbentuk. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Kompas.com
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved