Berita Kupang

Kampung KB di Kabupaten Kupang Sejak 2016 Sukses Mencetak Penduduk Berkualitas

Bupati Korinus menegaskan Pemerintah Kabupaten Kupang sedang fokus untuk menata dan mengembangkan Kampung KB sebagai miniatur pembangunan

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-
Kegiatan kunjungan lapangan dan Workshop pengelolaan Kampung berkualitas di Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, Rabu 5 Oktober 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI- Sejak pertama kali pencanangan Kampung KB di Kabupaten Kupang pada tahun 2016 hingga Tahun 2022 ini ternyata berhasil memberikan berkontribusi dalam mengendalikan kuantitas dan kualitas penduduk.

Hal itu disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno yang diwakili oleh Asisten III Sekda Kabupaten Kupang Novita Funay di Desa Mata Air, Rabu 5 Oktober 2022.

Kepada peserta kunjungan lapangan dan Workshop pengelolaan Kampung berkualitas di Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Bupati Korinus menegaskan Pemerintah Kabupaten Kupang sedang fokus untuk menata dan mengembangkan Kampung KB sebagai miniatur pembangunan lintas sektor.

"Melalui Kampung KB kami terus berusaha untuk mentransformasi daerah kumuh dan terbelakang menjadi Kampung sukses yang terbebas dari kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan terutama terbebas dari stunting," ungkap Korinus Masneno.

Sejak pertama kali dicanangkan pada tanggal 15 Januari 2016 eksistensi Kampung KB di Kabupaten Kupang telah berkontribusi dalam mengendalikan kuantitas dan kualitas penduduk.

Baca juga: Kampung KB  Desa Oemofa - Kabupaten Kupang Diminta untuk Terus Berinovasi

Di Kampung KB peranan setiap individu begitu esensial karena secara konseptual dari individu lah cikal bakal keluarga kecil yang sehat dan sejahtera bisa terwujud yang nantinya akan bermuara ke persentase kehidupan masyarakat Kabupaten Kupang yang unggul.

Sementara Kepala Desa Mata Air Benyamin Kanuk mengungkapkan pencanangan Desa Mata Air sebagai Kampung KB sejak 2017.

Kata dia dulu Kampung KB tidak disukai orang namun kini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya Kampung KB.

Apalagi ada istilah yang sudah membudaya di timur bahwa banyak anak banyak rezeki.

Namun perjuangan tidak kenal lelah untuk membuktikan eksistensi Kampung KB dan dia menegaskan Kampung KB bukan urusan banyak anak tapi bicara soal kampung yang berkualitas.

Baca juga: Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Lakukan Pemetaan Potensi Desa di Desa Mata Air

"Dengan menekan perkawinan dini dengan perdes, tujuannya untuk mempersiapkan bibit unggul yang siap melahirkan dan mengatur rumah tangga dengan baik itu bagian dari kmpung KB," jelasnya.(ary)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved