Polisi Tembak Polisi

Ferdy Sambo Diserahkan ke Kejaksaan Rabu Besok

Ferdy Sambo dan para tersangka pembunuhan Brigadir J akan diserahkan oleh Bareskrim Polri ke Kejaksaan Negeri Jakarta pada Rabu 5 Oktober 2022.

Editor: Alfons Nedabang
POS-KUPANG.COM
DITAHAN - Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo resmi ditahan di Rutan Bareskrim Polri, Jumat 30 September 2022. Penahanan ini dilakukan setelah berkas perkara kasus itu dinyatakan lengkap oleh jaksa. Penahanan ini dalam rangka mempermudah penyerahan tersangka dan barang bukti ke jaksa. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Mantan Kepala Divisi Propam ( Kadiv Propam ) Polri Ferdy Sambo dan para tersangka pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J akan diserahkan oleh Bareskrim Polri ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta pada Rabu 5 Oktober 2022.

Penyerahan Ferdy Sambo dan para tersangka lainnya itu merupakan pelimbahan tahap II atau pelimpahan barang bukti dan para tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana dan perintangan penyidikan atau obstruction of justice dalam kasus Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Awalnya pelimpahan direncanakan dilakukan pada Senin 3 Oktober. Namun kemudian ditunda. "Rabu, 5 Oktober di Bareskrim," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo melalui pesan tertulis, Senin 3 Okrober.

Dedi menyatakan bahwa penundaan itu dilakukan berdasarkan hasil komunikasi antara penyidik Polri dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU). "Hasil komunikasi dua pihak, jadi dari penyidik dan JPU sepakat untuk penyerahan tahap 2-nya hari Rabu tanggal 5 Oktober," kata Dedi.

Dedi juga menjelaskan pelimpahan tersebut dilakukan tim penyidik menindaklanjuti keputusan jaksa penuntut umum (JPU) yang menyatakan seluruh berkas perkara lengkap atau P-21.

Dedi menuturkan pihaknya masih membahas mengenai tempat pelimpahan tahap II terhadap Ferdy Sambo Cs tersebut. Namun, dari pihak JPU meminta agar pelaksanaan itu digelar di Kejari Jakarta Selatan.

"Jadi untuk tempatnya kan masih dikomunikasikan. Jaksa mintanya di Kejari Jaksel. Dari kita karena memang kan penanganannya sebagian besar di Bareskrim, daripada bolak balik, tapi ya terserah nanti," ungkapnya.

Baca juga: Pendeta Gilbert Lumoindong Minta Maaf, Sebut Brigadir J Perkosa Putri Candrawathi, Istri Ferdy Sambo

Baca juga: Istri Ferdy Sambo Menangis Saat Ditahan: Saya Titipkan Anak-anak di Rumah dan di Sekolah

"Tapi toh kalau nanti penyerahannya tahap duanya di Kejaksaan Jaksel kembali lagi penahanannya tetap di Rutan Bareskrim," sambungnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya mengatakan bahwa saat pelimpahan ke kejaksaan nanti, Ferdy Sambo dan para tersangka lainnya akan ditampilkan ke publik.

Menurut Sigit, ditampilkannya tersangka pada saat tahap dua merupakan hal yang sesuai dengan aturan yang berlaku. "Ya, memang itu prosedurnya seperti itu," kata Sigit di kawasan Lubang Buaya, Jakarta, Sabtu 1 Oktober.

Ada lima orang tersangka yang diproses hukum dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, dan Kuat Maruf.

Para tersangka itu dijerat Pasal 340 tentang pembunuhan berencana subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 juncto Pasal 56 KUHP, dengan ancaman maksimal hukuman mati, dan atau pidana penjara seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun.

Sementara untuk perkara obstruction of justice di kasus penyidikan Brigadir J, total ada tujuh berkas tersangka dengan tujuh berkas perkara. Mereka adalah Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto.

Dalam perkara ini Ferdy Sambo dkk disangkakan Pasal 49 jo. Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) jo Pasal 32 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke-2 dan/atau Pasal 233 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (tribun network/abd/igm/dod)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved