Berita Ende

Penyuluh KB di Nangapanda Fasilitasi Pembangunan Rumah Data di Kampung KB Mbobhenga

Kegiatan pengerjaan rumah data tersebut dilakukan bersama dengan para pengurus rumah data dan juga remaja desa yang ada di desa itu

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
RUMAH DATA - Proses pengerjaan rumah data oleh pengurus data, remaja desa, dan penyuluh KB Nangapanda di Desa Mbobhenga, 27 September 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, ENDE- Penyuluh Keluarga Berencana (KB) pada Balai Penyuluh KB Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende Ruslia Madoe menfasilitasi pengerjaan rumah data di Desa Mbobhenga, pada tanggal 27 September 2022.

Kegiatan pengerjaan rumah data tersebut dilakukan bersama dengan para pengurus rumah data dan juga remaja desa yang ada di desa itu.

Ternyata menjadi penyuluh KB, tugasnya tidak hanya melakukan penyuluhan untuk menekan angka kelahiran dan membantu menekan angka stunting, tetapi juga harus bersama masyarakat setempat membangun desa.

Kepada media ini, Sabtu 1 Oktober 2022, Ruslia mengungkapkan bahwa, dalam upaya membangun rumah data tersebut, pihaknya menggunakan ruang Pustu Desa Mbobhenga untuk dapat memajangkan data-data mengenai profil desa.

Baca juga: Kisah Ansel Kea Penyuluh KB di Detukeli Ende, Keluar Masuk Kampung Demi Menekan Angka Kelahiran

Dengan adanya rumah data, maka desa akan memiliki data yang lengkap dan akurat, baik kuantitas dan kualitas penduduk, data sosial ekonomi, data bidang pendidikan dan juga bidang kesehatan.

Selain itu, di rumah data tersebut terdapat data terkait dengan potensi desa, mobilitas penduduk, data tingkat pendidikan, data pekerjaan warga, data kepemilikan dokumen kependudukan seperti kepemilikan KTP, dan akte kelahiran, serta akte nikah.

"Tujuannya untuk menggambarkan kondisi riil yang ada di Desa sehingga dalam pembuatan kebijakan baik oleh pemerintah desa maupun pemerintah yang ada di tingkat atas bisa memakai data yang akurat," jelasnya. (tom)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved