Berita Nasional

Ferdy Sambo Bukan Polisi Lagi, Berkas Pemecatannya Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

Saat ini Ferdy Sambo bukan polisi lagi. Sosok yang dulunya berpangkat jenderal bintang dua, kini telah menjadi warga sipil. Semua sudah ditanggalkan.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
NASIB FERDY SAMBO - Seperti inilah nasib Ferdy Sambo. Dulu menyandang status Kadiv Propam Polri berpangkat jenderal bintang dua, kini sudah jadi warga sipil setelah berkas Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) ditandatangani Presiden Jokowi. 

POS-KUPANG.COM - Saat ini Ferdy Sambo bukan polisi lagi. Sosok yang dulunya berpangkat jenderal bintang dua, kini telah menjadi warga sipil. Pangkat yang disandang itu, sudah ditanggalkan semuanya.

Nasib Suami Putri Candrawathi itu berubah total setelah Presiden Jokowi menandatangani berkas Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) sejak Senin 26 September 2022 lalu.

Dengan ditanggalkan semua atribut yang melekat pada mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo selama aktif menjadi polisi, maka saat ini Ferdy Sambo bukan polisi lagi. Ia telah menjadi warga sipil.

Ibarat nasi sudah menjadi bubur, itulah yang dialami Ferdy Sambo saat ini. Ia jatuh setelah terlibat dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat.

Baca juga: Ferdy Sambo dkk Segera Disidangkan, Berkas Perkara Kasus Pembunuhan Brigadir J Sudah Lengkap

Apesnya, selain dipecat dari institusi kepolisian, Ferdy Sambo juga harus berhadapan dengan proses hukum dan ancaman hukuman mati yang kemungkinan akan dijatuhkan terhadapnya.

Perihal berkas PTDH Ferdy Sambo yang telah ditandatangani Presiden Jokowi, hal itu dibenarkan Sekretaris Militer Presiden ( Sesmilpres ) Laksamana Pertama Hersan.

Hersan mengatakan, berkas pemecatan Ferdy Sambo itu sudah dikirim ke Mabes Polri.

"Sudah ditandatangani dan sudah dikirim ke ASDM Polri," ujar Hersan saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 30 September 2022.

Sebelumnya diberitakan Mabes Polri telah mengirimkan berkas PTDH atau pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia.

Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia tersebut, bernaung di bawah Kementerian Sekretariat Negara Indonesia.

“Ya sudah (dikirim ke Sekmil),” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi.

Dikatakannya, jika sudah ada informasi lanjutan, maka akan disampaikan ke awak media.

Untuk diketahui, setelah resmi dipecat, Polri melakukan proses administrasi terhadap berkas pemecatan Ferdy Sambo di Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Polri.

Dedi sebelumnya menjelaskan, proses administrasi pemecatan Ferdy Sambo tidak sampai memerlukan tanda tangan Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga: Kejagung Percepat Perkara Ferdy Sambo: Satu Minggu Lagi Sudah Dilimpahkan ke Pengadilan

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved