Breaking News:

Berita Manggarai Timur

Dishub Manggarai Timur Usulkan ke Kemenhub Rehab Dermaga Borong Rp 89,5 Miliar 

Pondasi dan badan bagian kanan sudah ambruk dan hancur berkeping-keping, bahakan sebagian material sudah hanyut terbawa arus air laut. 

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG/ROBERT ROPO
RUSAK-Dermaga Borong yang terlihat rusak, Jumat 30 September 2022. Pemkab Manggarai mengusulkan dana renovasi ke Kemenhub RI senilai, 89,5 Miliar. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Pemkab Manggarai melalui Dinas Perhubungan mengusulkan dana renonavi bangunan dermaga Borong kepada Kemenhub RI senilai Rp 89,5 Miliar.

Usulan perbaikan Dermaga Borong yang rusak oleh Dinas Perhubungan Manggarai itu, berkaitan dengan tekini Dermaga Borong, di Watu Ipu, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, makin rusak berat. 

Pantauan POS-KUPANG.COM, Jumat 30 September 2022, terlihat Dermaga Borong itu di bagian depan sudah rusak berat. Pondasi dan badan bagian kanan sudah ambruk dan hancur berkeping-keping, bahakan sebagian material sudah hanyut terbawa arus air laut. 

Baca juga: Dinas Dukcapil Manggarai Timur Layani Dokumen Kependudukan Bagi 40 Warga Golo Lijun

Terlihat hanya pondasi (turap) bagian kiri yang masih ada tidak ambruk. Pondasi dengan lebar 30 CM ini dimanfaatkan nelayan, maupun pedagang dan masyarakat untuk melintas menuju dermaga baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan sepeda motor. Sedangkan mobil tidak bisa melintas. 

Dermaga ini sebagai tempat untuk bongkar muat ikan bagi para nelayan. Nelayan yang membongkar muat ikan terpaksa mengangkut ikan dari pelabuhan ke darat dengan menggunakan jasa ojek, sebab mobil tidak bisa masuk ke dermaga. 

Hamkah, Jamaludin dan nelayan lainya kepada TRIBUNFLORES.COM, mendesak pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) untuk memperbaiki dermaga yang rusak itu. 

"Kita masyarakat apalagi kami yang nelayan ini sangat membutuhkan dermaga ini untuk keperluan kami setiap hari bongkar muat ikan, sehingga kami butuh segera diperbaiki," ujar Hamkah diamini Jamaludin dan nelayan lainya. 

Baca juga: Pelajar SMA Negeri 8 Poco Ranaka Manggarai Timur Gelar Lomba Kuis Kitab Suci, Mazmur Hingga Katekese

Jamaludin juga menambahkan kerusakan dermaga itu sudah berlangsung lama. Dermaga itu ambruk diterjang gelombang ganas di pantai itu. 

"Sekali lagi kami minta segera perbaiki. Kasihan kami melintas ke dermaga hanya menggunakan lebar pondasi sekitar 30 Cm ini saja. Banyak warga yang sudah jatuh saat melintas dengan sepeda motor mengangkut ikan," Ujarnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Timur, Nikolaus Tatu, mengatakan pihaknya telah mengusulkan ke Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan untuk pembangunan perbaikan dermaga yang rusak itu. 

Dikatakan Tatu, usulan itu diberikan melalui Proposal kepada Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI pada Tahun 2020 lalu. Dengan besarnya anggaran yang diusulkan Rp 89.550.000.000. (rob) 

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS
 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved