KKB Papua

Pasukan Raider Tengkorak Tiba di Intan Jaya, KKB Papua Dipastikan Ketar Ketir

Pasukan Raider Tengkorak, salah satu kebanggaan TNI kini tiba di daerah bergolak Papua. Pasukan ini diterjunkan menyusul ancaman KKB Papua.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
Tangkapan kamera salah seorang pimpinan KKB Intan Jaya saat apel pasukan di puncak gunung 

POS-KUPANG.COM - Pasukan Raider Tengkorak, salah satu kebanggaan TNI kini tiba di Intan Jaya, Papua. Pasukan ini diterjunkan menyusul ancaman KKB Papua yang terus dilancarkan ke warga sipil yang berdomisili di wilayah tersebut.

Bahkan sejak hadirnya pasukan tersebut beberapa waktu lalu, sejak itu pula Intan Jaya seakan berbalik 360 derajat, dari yang amat sangat rawan menjadi aman dan warganya nyaman.

Kondisi tersebut memperlihatkan fakta betapa KKB Papua tak bisa berkutik gegara hadirnya Pasukan Raider Tengkorak di wilayah tersebut.

Kini terungkap bahwa para prajurit TNI itu ternyata berasal dari pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak. Pasukan itu diterjunkan ke Kabupaten Intan Jaya, wilayah paling rawan keamanan gegara KKB Papua.

Baca juga: KKB Papua Siapkan Aksi Balas Dendam, Sebby Sambom Bocorkan Rencana Mutilasi Prajurit TNI

Dilansir dari instagram @kodam17, Danrem 173/ PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro mewakili Pangdam XVll/ Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa menyambut kedatangan pasukan tersebut.

Ia memimpin upacara penyambutan Satgas Satuan Organik Yonif Para Raider 305/ Tengkorak Kolakops Korem 173/PVB Sektor Intan Jaya, di lapangan upacara Yonif R 754/ENK Jln.Tras Nabire Kel. Kuala Kencana Kec. Mimika Kab. Timika Tengah Prov. Papua.

KKB PAPUA - Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB Papua. Seorang operator alat berat bernama Manoach Rumansara tewas setelah ditembak KKB Papua di wilayah Kabupaten Intan Jaya Papua, Selasa 30 Agustus 2022 sekita pukul 10.00 WIT.
KKB PAPUA - Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB Papua. Seorang operator alat berat bernama Manoach Rumansara tewas setelah ditembak KKB Papua di wilayah Kabupaten Intan Jaya Papua, Selasa 30 Agustus 2022 sekita pukul 10.00 WIT. (Tribun-Papua.com/ Ridwan Abubakar)

Dalam amanatnya, Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Danrem 173/PVB menyampaikan bahwa Papua merupakan wilayah NKRI yang memiliki nilai strategis dan sangat berpengaruh terhadap aspek pertahanan.

Diharapkan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak dan seluruh Prajurit yg diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugas pengamanan di Papua, harus mengetahui tugas pokok sesuai materi yang telah diterima.

"Hindari kesalahan prosedur dan pelanggaran yang dapat merusak citra TNI dan Satuan.

Segera beradaptasi agar dapat melaksanakan tugas dengan profesional dan terhindar dari hal-hal yg tidak diinginkan dan lakukan serah terima dengan Satgas lama dengan teliti dan lengkap," pungkas Danrem 173/PVB.

"Di sekitar tempat kita ada beberapa satuan untuk itu jaga loyalitas, solidaritas jiwa korsa agar tercipta kekompakan dan hindari gesekan sekecil apapun," tambah Danrem 173/ PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Taufan Gestoro menyampaikan beberapa atensi untuk menunjang keberhasilan penugasan yaitu mengawali setiap kegiatan dengan doa, selalu waspada dan perhatikan faktor keamanan personel maupun materil, selalu memonitor terhadap perkembangan situasi di daerah tugas dan jangan terprovokasi.

Baca juga: Aksi Brutal KKB Papua Tembak Mati Pekerja Proyek di Sugapa, Undius Kogoya Bertanggungjawab

"Laksanakan koordinasi dengan pihak yang berwenang dan jaga kesehatan masing-masing perorangan selama bertugas serta selalu semangat dan jaga moril selama bertugas," tutup Danrem.

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya Kasiops Korem 173/ PVB, Danyonif R 754/ ENK, Danyonif 514/SY, Danyonif 755/ Yalet, Danki Kav 2 Denkav-3 Timika dan Danki Korp Brimob Timika.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved