Berita Ende

Pemerintahan Desa Gheughoma Ende Serahkan Bantuan Bibit Ayam KUB kepada Empat Kelompok Masyarakat

pemerintah desa juga menyerahkan kandang ayam yang berukuran besar dan pakan ayam kepada para anggota kelompok.

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
PENYERAHAN - Penyerahan bantuan bibit ayam kampung di Kantor Desa Gheughoma pada, Jumat 23 September 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, ENDE - Pemerintah Desa atau Pemdes Gheughoma di Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende menyerakan Bantuan Bibit Ayam, Kampung Unggul Balitbang atau KUB kepada Empat Kelompok Masyarakat.

Penyerahan bantuan bibit ayam dari Pemerintah Desa Gheughoma di Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende kepada empat kelompok masyarakat  itu merupakan anggaran tahun anggaran 2022

Bibit ayam KUB diserahkan diserahkan kepada empat kelompok masyarakat penerima manfaat untuk dikembangkan dalam rangka untuk peningkatan ekonomi masyarakat di desa tersebut.

Baca juga: El Tari Memorial Cup Perse Ende vs Perseftim Ricuh, Pagar Lapangan Dirusaki, Ada Lemparan Batu

Berdasarkan pantauan POS-KUPANG.COM yang dilakukan oleh media ini, Jumat 23 September 2022 sore, sebelum penyerahan bibit ayam, pemerintah desa juga menggelar pelatihan pemeliharaan ayam dengan melibatkan salah seorang narasumber yang telah berpengalaman dalam pengembangan ayam KUB.

Selain menyerahkan anak ayam, pemerintah desa juga menyerahkan kandang ayam yang berukuran besar dan pakan ayam kepada para anggota kelompok.

Kepada Pos Kupang, Kepala Desa Gheughoma, Vinsensius B Hanyon mengatakan, bantuan bibit anak ayam KUB tersebut diberikan karena adanya usulan dari masyarakat pasca pandemi covid-19 dimana masyarakat ingin membangun ketahanan pangan keluarga dan desa.

"Nah salah satu masyarakat yang usulkan itu adalah pelatihan ternak ayam KUB. Karena masyarakat sangat mudah untuk mengembangkan usaha ini dan karena pasarnya juga sudah ada," ungkapnya.

Baca juga: Polres Ende Ungkap Jumlah Lakalantas Januari Hingga Agustus 2022

Dijelaskan Vinsensius, tujuan dari penyerahan bibit ayam KUB tersebut dalam rangka untuk bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19 yang masih terus menggerogoti masyarakat.

"Sehingga dengan adanya bantuan anak ayam ini mereka bisa membuka lapangan pekerjaan mereka sendiri di desa ini," ungkapnya.

Untuk diketahui, bantuan bibit anak ayam tersebut diberikan kepada empat kelompok masyarakat yang tersebar di tiga dusun di Desa Gheughoma dimana masing-masing Dusun mendapat satu kelompok dengan setiap kelompok beranggotakan lima orang.

Sementara itu, satu kelompok lainnya yang juga mendapatkan bantuan dari pemerintah desa Gheughoma adalah kelompok PKK.

Kades berharap, dengan adanya bantuan ternak ayam tersebut, selain untuk meningkatkan perekonomian, masyarakat penerima manfaat bisa menjadi kelompok cantoh dalam pengembangan ayam KUB kedepannya.

"Kalau kelompok ini berhasil, maka kedepan kami mengusahakan untuk bisa membantu kelompok yang lainnya lagi," pungkasnya. (tom)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved