Berita Nagekeo

Firmus Matheus Mega Jadi Role Model Petani Milenial di Kabupaten Nagekeo

Penyandang disabilitas Firmus Matheus Mega mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Nagekeo

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
PIAGAM PENGHARGAAN - Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Firmus Matheus Mega yang diterima oleh adik kandungnya Yohanes Tema di Ruang Kerja Wakil Bupati Nagekeo pada Senin, 26 September 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY - Penyandang disabilitas Firmus Matheus Mega mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Nagekeo sebagai role model petani milenial Kabupaten Nagekeo.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja dan diterima oleh Yohanes Tema adik kandung Firmus Matheus Mega yang  berlangsung di Ruang Kerja Wakil Bupati Nagekeo pada Senin, 26 September 2022.

Firmus Matheus Mega dikenal sebagai sosok pekerja keras meskipun memiliki keterbatasan fisik. Sejak kecil ia berjalan merangkak akibat kelainan genetik pada kedua kaki namun tetap memiliki semangat tak terbatas untuk terus menggerakan anak muda di wilyahnya untuk selalu optimis menjalani hidup melalui usaha pertanian khususnya mengembangkan aneka hortikultura di kawasan Lia Po di Desa Raja Timur, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo.

Wakil Bupati Marianus Waja didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Nagekeo Sarifudin Ibrahim, ST.,MT dan Kadis Pertanian Oliva Monika Mogi serta para Kabid Dinas Pertanian (Kabid TPH, Kabid PSP dan Kabid Perkebunan saat acara penyerahan tersebut.

Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja mengatakan pemberian penghargaan tersebut merupakan cara pemerintah mengapresiasi kepiawaian Firmus sekaligus menjadi guru metter yang sangat hebat. Keterbatasan fisiknya tidak menyulutkan semangat dan daya juang yang sangat tinggi serta seorang yang memiliki multitalent.

Untuk itu semua, Pemerintah Kabupaten Nagekeo menyampaikan terima kasih dan kiranya menjadi spirit bagi kawula muda. Wabup Marianus berharap anak muda milenial bisa melanjutkan perjuangan dan karya-karya Firmus semasa hidupnya.

Baca juga: Bupati Don Lantik 20 Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkup Pemda Nagekeo

"Kita yang normal saja bisa jadi malas, tapi ema (Bapak) mus yang memiliki keterbatasan, dengan kondisinya dia masih berjuang. Pemerintah berterima kasih. Harapan saya ema berdua, bisa melanjutkan perjuangannya," ungkapnya.

Yohanes Tema, adik kandung dari Firmus Matheus Mega setelah menerima penghargaan tersebut mengatakan dirinya sangat bangga terhadap kakak tercinta. Meskipun dengan keterbatasan fisik yang dimiliki, Firmus sosok pekeja keras tetap penuh semangat dan berdaya juang tinggi melakukan hal baik yang memotivasi kawula muda serta mampu menghidupkan keluarga.

Mengatasnamakan almarhum dirinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo yang telah memberikan penghargaan kepada Firmus Matheus Mega sebagai role model petani mileneal Kabupaten Nagekeo.

Baca juga: Bupati Nagekeo Kunjungi Lokasi Pengerjaan Parit Jebakan Air di Desa Ngeggedhawe

"Saya merasa bangga dengan beliau karena dengan kondosinya seperti itu bisa menghidupkan keluarga, anak istri dan juga masyarakat dia bantu. Terima kasih juga kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo yang telah memberi apresiasi penghargaan untuk beliau," ungkapnya.

Ia berjanji akan terus melanjutkan segala karya yang telah dilakukan saudara Firmus semasa hidupnya sebagaimana harapan Wabup Marianus.

"Kedepan saya akan meneruskan apa yang sudah dibuat saat beliau masih ada dengan beberapa anak muda mileneal dikampung saya. Bersama Komunitas Cabe Rawit "CFC " Capsicum Fretescens Communities," ujarnya.

Baca juga: Di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo, Pelajar Kelas V SDN Nuasele 17 Tahun Ingin Jadi Bupati.

Saat yang sama, Wabup Marianus juga menyerahkan bantuan bibit tanaman hortikultura kepada Kelompok Tani Mileneal CFC (Capsicum Fretescens Communities) Kelompok Cabai Rawit yang diterima oleh Sekretaris Kelompok Orin Lado Wea dimana Almarhum Firmus M. Mega sebagai Ketua Kelompoknya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved