KKB Papua

KKB Kibarkan Bendera Bintang Kejora di Maybrat, Kapolda Papua Barat Sayangkan Klaim Wilayah

Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga menyayangkan adanya klaim wilayah oleh KKB Papua dengan menyebut wilayah Kisor daerah perang.

Editor: Agustinus Sape
TribunPapuaBarat.com
TOLAK KLAIM - Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga melakukan kunjungan kerja ke Polres Sorong Kota, Selasa 2 Juli 2022. Ia menyayangkan klaim yang menyebutkan, daerah Kisor, Kabupaten Maybrat, merupakan daerah operasi atau perang. 

POS-KUPANG.COM - Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga menyayangkan adanya klaim wilayah oleh Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) Papua dengan menyebut Kampung Kisor Kabupaten Maybrat sebagai daerah perang.

Hal itu disampaikan Irjen Daniel Tahi Monang Silitoga setelah mendapat informasi bahkan video berisi aksi Organisasi Papua Merdeka ( OPM) mengibarkan bendera Bintang Kejora di Kampung Kisor Kabupaten Maybrat.

Pengibaran Bendera Bintang Kejora tersebut dilakukan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB Papua pimpinan Deny Mos

"Saya sudah dapat video dan saya sudah dengar dari beberapa orang, masyarakat pernah ke sana dan ada di sana, kami menyayangkan klaim daerah perang dan daerah operasi," kata Irjen Daniel.

Dia mengatakan, sempat ada kesepakatan tak tertulis untuk tidak membuka pelayanan kepolisian di wilayah Kisor beberapa waktu lalu. Sehingga, wilayah tersebut jauh dari pantauan penegak hukum.

"Ke depan itu kami menentukan langkah-langkah yang progresif untuk daerah sana," jelasnya.

Klaim Serangan Rombongan Bupati

Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB Papua sempat mengeluarkan klaim bahwa pihaknya telah melakukan penyerangan terhadap rombongan Penjabat Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu.

Namun, Kapendam XVIII/Kasuari, Letkol Batara Alex Bulo, S. Hub. Int membantah dengan tegas klaim KKB Papua tersebut. Menurutnya, sama sekali tidak ada penyerangan seperti yang diklaim KKB Papua.

Dalam klaimnya, KKB Papua menyerang rombongan Penjabat Bupati Maybrat Bernhard E Rondonuwu di dua kawasan di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat, Sabtu 17 September 2022.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved